Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Bangunan Hijau BSD City Dikunjungi Pejabat Departemen Energi AS

Kompas.com - 01/03/2023, 08:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Manajer Kebijakan Energi dan Teknologi Maju Departemen Energi AS Mark LaFrance meninjau penerapan konsep pembangunan berkelanjutan Green Office Park, BSD City, Serpong, Banten.

Dalam tinjauannya ini, Mark didampingi Ketua Umum Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) RM Soedjono Respati dan Managing Director President Office Sinarmas Land Dony Martadisata.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan ini merupakan upaya Sinarmas Land dalam mendukung Net Zero
Emission (NZE) pada 2060.

Managing Director President Office Sinarmas Land Dony Martadisata mengatakan, kolaborasi antar-stakeholders sangat diperlukan untuk menyukseskan dekarbonisasi sektor bangunan, dengan tujuan mengidentifikasi, kebijakan, solusi, dan praktik terbaik untuk mencapai tujuan Net Zero Emission.

Baca juga: Empat Sekolah Green Building di Jakarta Diresmikan, Ini Kelebihannya

"Penerapan konsep sustainable development dalam lini bisnis perusahaan menjadi salah satu fokus Sinarmas Land dalam menghadirkan produk properti yang ramah lingkungan sekaligus memberikan kehidupan yang berkelanjutan," ujar Dony dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Dalam acara tersebut, perwakilan Sinarmas Land yakni Ignesjz Kemalawarta memaparkan sejumlah upaya dan program yang dilaksanakan perusahaan dalam mengembangkan kawasan hunian dan area perkantoran ramah lingkungan serta rendah emisi karbon.

Upaya tersebut meliputi green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, less plastic, hingga green habit.

Selanjutnya, para peserta melaksanakan peninjauan langsung ke sejumlah proyek green building di kawasan BSD Green Office Park meliputi Gedung GOP 9, Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD, dan Grha Unilever.

Kawasan BSD Green Office Park merupakan distrik perkantoran pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi Gold Green District dari Building Construction Authority (BCA) Singapura.

Kemudian, sejumlah gedung perkantoran di kawasan tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Green Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com