Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2023, 15:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desa Sejahtera Astra (DSA) yang digagas oleh PT Astra International Tbk, terus meningkatkan potensinya untuk mendorong perekonomian dan masa depan lingkungan yang lebih baik.

Secara kumulatif, hingga tahun 2023, Astra telah membina 1.060 DSA dengan jumlah masyarakat yang mendapat manfaat sebanyak 134.998 orang di seluruh Indonesia.

Sedangkan tenaga kerja baru yang terserap sebanyak 20.370 orang, dengan peningkatan pendapatan rata-rata masyarakat sebesar 89 persen di seluruh Indonesia.

Ada empat klaster produk yang dihasilkan DSA, yakni klaster kopi, klaster agrikultur, olahan dan komoditas, klaster kelautan dan perikanan tangkap, serta klaster wisata, kreatif, budaya.

Baca juga: Kini, Ribuan Warga Cianjur Bisa Nikmati Listrik Gratis

Kontribusi Astra untuk mengembangkan potensi alam sekitar DSA untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Salah satu desa binaan Astra, yakni DSA Muncar, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan penanaman 20.000 pohon dengan jenis tanaman kehutanan maupun tanaman produktif yang dapat memberikan manfaat masa depan masyarakat sekitar.

Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti menuturkan, penanaman pohon di DSA ini dilakukan dengan sistem agroforestri, yaitu pemanfaatan lahan secara optimal dan lestari, dengan cara mengombinasikan tanaman kehutanan dan tanaman produktif.

"DSA Muncar Temanggung ini tidak hanya memiliki kopi sebagai salah satu keunggulannya, tetapi juga mempunyai potensi wisata alam hasil kolaborasi antara desa wisata perkebunan berbasis kopi dan konsep agrowisata budaya," terang Diah yang dikutip Kompas.com, dari laman Astra, Kamis (23/3/2023).

Baca juga: Sejahterakan Umat, Fondasi Ekosistem Zakat Nasional Harus Diperkuat

Hingga tahun 2023, jumlah masyarakat yang mendapat manfaat dari program DSA Temanggung yang dibina sejak 2018 ini telah mencapai 1.200 orang dari sebelumnya hanya sekitar 200 orang.

Sementara penyerapan tenaga kerja terus meningkat menjadi 93 orang dari semula hanya 20 orang.

Potensi Desa Wisata

Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Astra juga mengembangkan pembinaan desa wisata di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, melalui DSA Mangunan dan DSA Gilangharjo dengan fokus pada pemberdayaan potensi di sekitarnya.

DSA Mangunan memiliki potensi dalam melestarikan hutan pinus dan kebun buah atau yang dikenal dengan ‘negeri di atas awan’.

Setiap minggunya, sebanyak 1.500 wisatawan dari berbagai kota maupun negeri berdatangan untuk menyaksikan panorama matahari terbit di sini.

Dengan biaya Rp 10.000 per kunjungan, masyarakat sekitar bisa menghasilkan Rp 60 juta setiap bulannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com