Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2023, 20:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kedeputian Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan forum pertemuan dengan berbagai perusahaan besar yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Forum tersebut membahas mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR) yang dihadiri oleh 27 perwakilan dari berbagai perusahaan.

Beberapa contoh perusahaan besar yang menghadirkan perwakilannya seperti PT Astra, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, Korindo, Indomart, dan Alfamidi.

Baca juga: Gelar CSR di Hutan Kota Pekanbaru, BRINS Ikut Meriahkan Hari Bakti Rimbawan Ke-40

Pertemuan tersebut dilakukan di Kantor OIKN Balikpapan dan menghasilkan beberapa kesepakatan.

Pertama, perusahaan bersedia memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh OIKN dalam rangka revitalisasi di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, serta peternakan.

Kedua, membuka pusat pelatihan bahasa asing. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin mencontohkan, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur telah membuka program Kampung Inggris di Kelurahan Lawe-Lawe, Kabupaten PPU.

“Ke depannya program seperti ini akan dikembangkan di wilayah sekitar Nusantara sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Alimuddin dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Tol Pulau Balang IKN Bakal Dilengkapi Koridor Satwa

Selain itu, perusahaan seperti Indomaret dan Alfamidi akan memberi bantuan bagi sekolah-sekolah di wilayah IKN berupa rehabilitasi bangunan sekolah maupun penyediaan peralatan penunjang pembelajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Jawa tengah juga akan memberikan kontribusi berupa pelatihan kepada warga IKN seperti pelatihan kerajinan kulit, UMKM, maupun ECO print.

Pelaksanaan pelatihan akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat IKN dan dipastikan tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga: Di Hannover, Jokowi Proritaskan Hilirisasi, Transisi Energi, dan IKN

Oleh sebab itu, diperlukan juga pemetaan bersama baik peserta, waktu pelaksanaan, alur bisnis, maupun e-marketing.

Sementara itu, PT Astra akan turut membantu melakukan asesmen peningkatan mutu guru terhadap 16 sekolah di wilayah Nusantara.

Ruang lingkup wilayahnya tidak terbatas di IKN Nusantara, tetapi juga akan dikembangkan juga di wilayah sekitarnya.

Baca juga: IKN Dipastikan Gunakan Energi Rendah Karbon

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com