Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut FEA Summit 2023, Cladtek Tawarkan Produk Hemat Lingkungan dan Biaya

Kompas.com - 23/05/2023, 18:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek), perusahaan multinasional di bidang perpipaan dan komponen aksesori industri minyak dan gasberpartisipasi dalam acara Future Energy Asia (FEA) Exhibition Summit 2023.

Acara yang berlangsung selama 3 hari (17-19 Mei 2023) ini digelar di Gueen Sirikit National Convention Centre, Bangkok, Thailand.

FEA 2023 yang dibuka secara resmi oleh  Wakil Sekretaris Tetap Menteri Energi Kerajaan Thailand Veerapat Kiatfuengfoo, ini merupakan ajang pameran sekaligus pertemuan puncak transisi dan transformasi energi terkemuka di Asia.

Senior Vice President People & Culture Caldtek Group Iban Salda Safwan mengatakan, pameran dan pertemuan puncak ini menjadi wadah bertukar informasi dan teknologi.

Baca juga: Aktivis Lingkungan Desak G7 Setop Pendanaan Energi Fosil

Selain itu juga memajukan inovasi dan kolaborasi bagi para peserta dan partisipan pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi solusi dan strategi guna mendorong bauran energi yang aman, terjangkau, dan rendah karbon di benua ini.

“Cladtek hadir memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Rapid Pipe, Mechanically Lined Pipe (MLP) yang memiliki ulir dan konektor di ujung pipa. Ini membuat instalasi akan lebih cepat, lebih cost efficient, dan juga dapat dipakai kembali konektornya,” kata Iban Salda, Selasa (23/5/2023).

Iban menambahkan, produk ini juga akan memberikan cycle life yang jauh lebih tinggi dibandingkan MLP konvensional.

Lebih jauh Iban mengatakan, Cladtek merupakan produsen dan sekaligus pemasok corrosion resistant alloy (CRA) dengan tipe MLP dan weld overlay, yang diaplikasikan khusus untuk fasilitas industri minyak, gas bumi, dan energi.

“Produk kami merupakan terobosan baru pelapisan dalam pipa di dunia yang telah diadopsi oleh industri CRA pada umumnya. Sebuah terobosan yang dibangun oleh anak bangsa untuk dunia,” terang Iban.

Baca juga: Transisi Energi Adalah Urusan Keinginan Politik, Bukan Teknis

Dia mengharapkan, usai pameran ini dapat menembus pasar Thailand dengan produk CRA Cladding, seperti Mechanically Lined Pipe dan juga Weld Overlay.

Sementara itu, CEO Cladtek Group Lee Wilson menambahkan, potensi teknologi baru MLP dari Cladtek sejalan dengan misi FEA 2023, yakni menekankan pentingnya energi hijau dan bersih dengan dampak lingkungan seminimal mungkin.

Saat ini banyak negara telah berkomitmen mencapai netralitas karbon dan emisi nol bersih pada tahun 2050.

“Cladtek mendukung penuh komitmen keberlanjutan yang membutuhkan upaya bersama sama membangun teknologi inovasi hijau dan solusi energi dengan seluruh dunia,” kata Lee.

Menurut Lee, Cladtek memiliki kuota produksi pipa cladding terbesar di Indonesia.

“Bahkan salah satu produk pipa berteknologi MLP hasil pabrikan kami termasuk yang terbesar di dunia,” pungkas Lee.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com