Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2023, 09:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Dua pakar dari dua perguruan tinggi di Indonesia memaparkan strategi percepatan kendaraan listrik di Indonesia yang dinilai penting untuk membantu target pemerintah menurunkan nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) 2060.

Penurunan emisi karbon melalui National Determined Contribution (NDC) yang dilakukan Indonesia dinilai penting untuk mendukung perubahan iklim dan pemanasan global.

“Indonesia sebenarnya paling bahaya terhadap dampak perubahan iklim, karena merupakan negara kepulauan,” kata Ketua Laboratorium Konversi Energi Elektrik Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi dalam diskusi terbatas di Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Baca juga: Luhut ke Pengkritik Kendaraan Listrik: Jangan Lihat Sepotong-potong

Penyumbang emisi karbon terbesar adalah energi, transportasi dan industri. Oleh karena itu, penurunan emisi karbon terhadap kendaraan yang terkait dengan ketiga komponen tersebut sangat penting.

"Dari well to whell (sumber ke roda) kendaraan bisa berkontribusi terhadap karbon. Kendaraan listrik bisa nol (emisi karbonnya), kalau pembangkit listrik hingga proses produksinya juga green," kata Agus.

Dia mengatakan, untuk mempercepat kendaraan listrik di Indonesia, salah satu yang harus dilakukan adalah adopsi secara alami kendaraan listrik seperti peralihan kendaraan konvensional dengan transmisi manual ke matik.

Selain itu, perlu dibuat program semacam low cost and green car (LCGC) seperti yang dilakukan pemerintah pada 2013, namun kali ini untuk kendaraan listrik.

Baca juga: Hari Terakhir INAPA 2023, Banyak Kendaraan Listrik Dijual Murah

Program LCGC, menurutnya, terbukti mampu mendongkrak minat masyarakat membeli mobil, sehingga penjualan mobil naik.

Kemudian, kata dia, perkuat penelitian dan perkembangan khusus baterai untuk kendaraan listrik Indonesia, mengingat baterai yang dikembangkan saat ini umumnya untuk negara dengan empat musim.

"Apa pun merek kendaraan listrik di Indonesia, untuk membangun ekosistem yang lebih kompetitif, baterainya sebaiknya dibuat di Indonesia," ujar Agus.

Pakar PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik Universitas Sebelas Maret (UNS) Profesor Muhammad Nizam menuturkan, baterai adalah jantungnya kendaraan listrik dan pertumbuhan teknologi baterai di dunia berkembang sangat cepat.

Baca juga: Kawasan Superblok Thamrin Nine Bakal Sediakan Charging Station Kendaraan Listrik

Oleh karena itu, Indonesia perlu menguasai teknologi baterai terkini dan masa depan.

"Baterai litium ion adalah bahan bakar masa depan EV," ujarnya.

Meski pun Indonesia memiliki bahan baku baterai di Indonesia seperti nikel, kobalt, dan mangan, namun penguasaan sumber litium juga penting. Sumber bahan baku litium yang bagus, menurutnya, ada di Australia.

Yang tak kalah penting yang perlu diperhatikan, menurut Nizam, adalah masa pakai baterai dan daur ulang baterai bekas untuk memastikan aspek ramah lingkungan dalam pengembangan kendaraan listrik.

Baca juga: Indonesia Pegang Peran Kunci dalam Kendaraan Listrik Dunia

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com