Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Taman Nasional Indonesia yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Kompas.com - 03/06/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Indonesia memiliki 54 wilayah yang ditetapkan sebagai taman nasional dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua.

Menurut UU No 5 Tahun 1990, taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli.

Penunjukkan suatu kawasan menjadi taman nasional diharapkan dapat menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati di sana.

Baca juga: 7 Taman Nasional Indonesia yang Masuk ASEAN Heritage Park

Selain itu, taman nasional juga berfungsi melindungi sistem penyangga kehidupan sekaligus dimanfaatkan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara lestari.

Di dunia internasional, menjaga sebuah situs penting turut menjadi perhatian, salah satunya adalah penetapan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, salah satu badan di PBB.

Situs Warisan Dunia adalah situs budaya dan atau alam yang dianggap memiliki nilai universal luar biasa, yang dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia oleh Komisi Warisan Dunia UNESCO.

Nilai universal yang luar biasa maksudnya adalah melampaui batas-batas negara dan menjadi penting bagi generasi mendatang.

Hingga 2020, ada enam taman nasional di Indonesia yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia. Berikut daftarnya.

Baca juga: Daftar Taman Nasional di Papua

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Badak Jawa SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Badak Jawa

Kawasan Taman nasional Ujung Kulon secara administratif terletak di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki luas 105.694,46 hektare (ha) yang terdiri dari 61.357,46 ha daratan dan 44.337 ha lautan.

Taman Nasional Ujung Kulon ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia pada World Heritage Committee Meeting ke-15, tanggal 13 Desember 1991.

Salah satu keistimewaan Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebagai habitat alami badak jawa dan owa jawa yang terancam punah.

Baca juga: Daftar Taman Nasional di Maluku

2. Taman Nasional Komodo

Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).SHUTTERSTOCK/SERGEY URYADNIKOV Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman Nasional Komodo adalah salah satu taman nasional pertama Indonesia yang menjadi habitat alami bagi dua satwa kunci utama yaitu komodo dan kakatua kecil jambul kuning.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com