Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Perempuan dalam Perekonomian, Presdir BCA Beri Literasi Keuangan 42 Finalis Puteri Indonesia

Kompas.com - 07/03/2024, 15:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penyelenggaraan Puteri Indonesia 2024 sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan inklusivitas dan mengoptimalisasi peran perempuan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kerja sama BCA dan Yayasan Puteri Indonesia ini memasuki tahun kedua, di mana 42 finalis Puteri Indonesia 2024 berkesempatan mendapatkan edukasi dan pemahaman mengenai perkembangan ekonomi dan perbankan nasional di Menara BCA, Jakarta (6/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut kesempatan ini, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja berbagi informasi mengenai perkembangan ekonomi, perbankan nasional, dan juga literasi keuangan kepada para finalis Puteri Indonesia 2024.

Para finalis juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan banking tour ke kantor BCA untuk melihat langsung operasional perbankan.

"Kami bangga dapat kembali mendukung Yayasan Puteri Indonesia. Sebagai bagian dari perbankan nasional, kami menyadari peran penting perempuan dalam perekonomian Indonesia," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

"Dengan visi yang sejalan dengan Puteri Indonesia, BCA siap mendukung kesetaraan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam memajukan budaya, pendidikan, kesehatan dan perekonomian," lanjut Jahja Setiaatmadja.

BCA turut mendukung lingkungan kerja inklusif dengan memberikan kesempatan sama kepada perempuan untuk berkembang dan memberikan kontribusi di perusahaan.

Sepanjang 2023, persentase pekerja perempuan di BCA mencapai 60,8 persen dari total pekerja dan menduduki 61,1 persen dari total manajer di perusahaan.

Dukungan BCA terhadap pemberdayaan perempuan tidak berhenti di situ. Pada tahun 2023, penyaluran UMKM entrepreneur perempuan mencapai Rp 14,8 triliun, dan BCA menargetkan untuk meningkatkannya menjadi Rp 17 triliun di tahun 2024.

"Kami ingin perempuan Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Salah satunya melalui akses keuangan yang mudah dan terjangkau," ujar Jahja.

Baca juga: Dukung Perempuan dapat Akses Pembiayaan, HSBC Salurkan Social Trade Loan 100 Juta dollar AS ke PNM

Perempuan dan Perekonomian Indonesia

Perempuan Indonesia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, perempuan berkontribusi sebesar 51,03 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com