Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
360info

360info adalah layanan informasi publik nirlaba independen yang berkantor pusat di Monash University, Melbourne. 360info berkolaborasi dengan banyak pakar, peneliti, jurnalis, dan akademisi dengan beragam keahlian yang relevan.

kolom

AI Janjikan Obat yang Lebih Murah, Cepat, dan Baik di Industri Farmasi

Kompas.com - 26/11/2023, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) atau kecerdasan buatan adalah tiket terpanas untuk sebuah prediksi selama pandemi.

AI juga sangat sensitif dan spesifik dalam mengidentifikasi objek, cepat dalam meringkas informasi, dan konsisten dalam memberikan hasil, tampaknya menjadi obat mujarab untuk masalah penelitian medis kami.

Namun, Covid-19 juga memperlihatkan keterbatasan pemodelan. Model komputer untuk penyebaran virus sangat kompleks atau, sebaliknya, disederhanakan agar praktis pada komputer yang tersedia.

Kebenarannya, seperti biasa, berada di tengah-tengah: meskipun bukan solusi itu sendiri, AI dapat membantu dalam diagnosis, pengobatan, prediksi, dan penemuan obat dan pengobatan, serta meningkatkan kemampuan manusia untuk melawan pandemi ini dan pandemi di masa depan.

Jauh sebelum teknologi AI berkembang, penemuan dan pengembangan obat merupakan hasil kerja para ahli kimia obat yang bekerja sama di laboratorium, menguji dan memvalidasi sintesis mereka.

Baca juga: Krisis Iklim Timbulkan Ancaman Kesehatan Ekstrem Bagi Ibu Hamil dan Anak

Prosesnya panjang, mahal, dan lambat; perkiraannya mencapai 2,6 miliar dollar AS dan rata-rata 10 tahun untuk sebuah obat baru.

Munculnya AI, baik machine learning (ML) maupun deep learning (DL), telah membantu mempercepat proses penemuan dan pengembangan obat.

Kumpulan data biologis yang sangat besar di seluruh dunia telah menjadi bahan baku untuk pemrosesan pembuatan obat dengan pendekatan berbasis ML/DL.

ML/DL dapat mengidentifikasi molekul aktif secara biologis dengan lebih sedikit waktu, tenaga, biaya dan lebih efektif.

Penemuan obat membutuhkan proses yang panjang dan kompleks yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga tahap utama: pemilihan obyek; skrining senyawa; studi praklinis dan uji klinis.

Tahapan-tahapan tersebut harus dapat ditranskripsikan dan diuji dalam sistem komputasi cerdas berbasis AI.

Jika kandidat obat melewati fase keamanan dan kemanjurannya telah dikonfirmasi dalam fase klinis, senyawa tersebut akan ditinjau oleh lembaga-lembaga seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk disetujui dan dikomersialkan.

Baca juga: AstraZeneca Dekarbonisasi Sektor Kesehatan Melalui Elektrifikasi Mobilitas

Penemuan obat berbasis AI umumnya melibatkan komputer dalam dua tahap pertama, yaitu desain obat; sintesis otomatis; atau skrining obat, prediksi bioaktivitas, toksisitas, atau sifat kimianya.

Sebagian besar penyakit dikaitkan dengan disfungsi protein dalam tubuh. Struktur tiga dimensi protein sangat penting dan di sinilah teknik berbantuan komputer dapat memainkan peran penting dalam simulasi dan evaluasi struktur protein.

Algoritme berbasis jaringan saraf untuk menyintesis molekul komponen obat diharapkan dapat membantu para ilmuwan menghindari kegagalan dan memprediksi reaksi yang buruk.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com