Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Binaan LPKA Pangkalpinang Budidaya Sayuran Hidroponik

Kompas.com - 29/12/2023, 09:28 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sejumlah rak untuk budidaya sayuran hidroponik melengkapi fasilitas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Tak butuh waktu lama, sayuran hijau jenis pakcoy yang ditempatkan di area bimker (bimbingan kerja) itu pun sudah bisa dipanen.

Warga binaan bernama Husni mengaku senang dengan hasil panen yang mereka dapatkan.

"Dengan adanya program ini kami bisa belajar tentang pertanian modern (hidroponik). Semoga program ini terus berlanjut untuk mengasah kemampuan kami dalam bercocok tanam," ujar Husni di LPKA Pangkalpinang, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: 7 Kelompok Tani Panen Cabai, Amankan Pangan Natal dan Tahun Baru Bangka Tengah

Husni tidak bekerja sendiri. Ia dibantu dua rekan lainnya sesama warga binaan. Kegiatan yang mereka jalankan itu menjadi percontohan sekaligus pembekalan keterampilan bagi warga binaan.

Masa tanam dan perawatan membutuhkan waktu sekitar empat minggu. Metode hidroponik ini dipilih karena membutuhkan ruang yang minimal dan dapat dilakukan di lingkungan terbatas.

Kepala LPKA Pangkalpinang Nana Herdiana mengatakan, program pembinaan keterampilan sejalan dengan upaya kemandirian pangan yang dicanangkan pemerintah.

Saat ini sayuran sudah menjadi bahan kebutuhan pokok dan menjadi salah satu penyumbang inflasi. Sehingga dengan menggiatkan penanaman, diharapkan mampu mengurangi ketergantungan pada pasar.

"Inisiatif pembelajaran ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan keterampilan baru kepada Anak Binaan, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi diri mereka sendiri dan memiliki keterampilan yang berguna untuk menciptakan masa depan yang lebih baik," ujar Nana.

Pengembangan keterampilan pertanian modern ini dilatih oleh Staf Pembinaan. 

Dengan keberhasilan panen sayur pakcoy ini, LPKA Pangkalpinang berharap dapat terus memberikan program-program pembinaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com