Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Ngaku Terinspirasi Xi Jinping Soal Manajemen Air

Kompas.com - 25/05/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku terinspirasi Presiden Xi Jinping soal manajemen air di China.

Hal ini disampaikan oleh Basuki saat bertemu dengan Menteri Sumber Daya Air Tiongkok Li Gouying di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Rabu (22/5/2024).

"Saya sangat terinspirasi dengan Presiden Xi Jinping ketika tahun lalu bertemu di Beijing," kata Basuki.

Basuki belajar tentang manajemen air di China karena Xi Jinping mengatakan bahwa untuk hidup layak dibutuhkan air yang baik, sementara untuk hidup makmur diperlukan konektivitas.

"Jadi manajemen air dan konektivitas akan membuat kehidupan yang lebih baik," imbuh Menteri Basuki.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia terus mempercepat pembangunan infrastruktur air dan jalan tol.

Baca juga: Perpamsi Usulkan Pembentukan Undang-undang hingga Kementerian Air dan Sanitasi

"Saya rasa Indonesia sudah di jalur yang benar untuk memperkuat ketahanan air dan konektivitas, untuk itu kita bangun lebih banyak bendungan dan jalan tol," ujar Menteri Basuki.

Di samping kerja sama di bidang infrastruktur secara umum, Indonesia dan China juga menjalin kerja sama bidang sumber daya air, seperti yang dilakukan di Bendungan Jatigede dan Bendungan Riam Kiwa.

"Terima kasih banyak atas support yang diberikan selama ini. Saya yakin kerja sama kita akan semakin kuat ke depannya," tegas Menteri Basuki.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com