Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelola Bisnis Berkelanjutan, Esta Dana Venture Tanam 5.001 Mangrove

Kompas.com - 06/06/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkomitmen untuk aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan, Esta Dana Ventura melakukan penanaman 5.001 pohon bakau di Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penanaman pohon yang bertajuk green future ini berkolaborasi dengan lembaga nirlaba Lindungi Hutan.

Esta Dana Ventura berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran bahwa masa depan juga ditentukan dan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan yang ada saat ini.

Green future merupakan salah satu program atas kesadaran perusahaan terkait pentingnya mengelola bisnis yang berintegritas dan berkelanjutan dengan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Baca juga: Tanam Mangrove Secara Masif Jadi Upaya Lindungi Pesisir

Direksi Esta Dana Ventura Melivia Wangkar menjelaskan, pelestarian lingkungan di wilayah pesisir adalah komitmen perusahaan.

"Hutan mangrove bermanfaat untuk menahan air laut yang dapat mengikis daratan pantai. Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat menjaga ekosistem tempat habitat ikan, udang, kepiting, dan hewan lainnya untuk berkembang biak dan hidup,” papar Melivia dalam keterangan tertulis, Rabu (5/6/2024).

Selain penanaman pohon bakau di kawasan Indramayu, perusahaan juga akan menanam pohon di berbagai kawasan pesisir Pulau Jawa sepanjang 2024.

Untuk diketahui, Esta Dana Ventura merupakan perusahaan modal ventura yang berfokus untuk menyalurkan pembiayaan usaha produktif kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah; terutama kepada kaum wanita dari keluarga pra sejahtera yang tersebar hingga Indonesia Timur.

Hingga saat ini, perusahaan telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 5 triliun kepada lebih 350.000 pelaku usaha melalui 216 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Melivia, green future bukanlah gerakan awal perseroan untuk membuktikan kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat, bukan juga sebuah akhir untuk membuktikan komitmen perusahaan.

'Kami sudah mempersiapkan langkah-langkah kami berikutnya untuk dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, sosial, maupun lingkungan yang dapat dirasakan sampai anak-cucu kita nanti,” tutup Melivia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com