Kompas.com - 19/10/2021, 20:37 WIB
advertorial

Penulis

KOMPAS.com – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-22 yang jatuh pada Senin (18/10/2021), minimarket asal Indonesia, Alfamart, merayakan Semarak Ulang Tahun Alfamart (SUA).

Perayaan tersebut tak hanya menjadi momen selebrasi bagi Alfamart, tetapi juga menegaskan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, Alfamart melayani lebih dari 4,1 juta pelanggan setiap hari.

“Ini memacu kami untuk berkomitmen lebih dalam melayani. Meski pandemi masih ada, segenap karyawan Alfamart sigap memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Solihin dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (19/10/2021).

Solihin menambahkan, perayaan SUA 2021 harus diwujudkan dengan berkontribusi lebih untuk membantu negeri.

Salah satunya, dengan meminimalisasi interaksi saat pelanggan berbelanja untuk menekan laju penularan Covid-19. Demi mendukung hal tersebut, Alfamart melayani segala kebutuhan pelanggan melalui aplikasi Alfagift.

“Alfamart sigap berinovasi dengan aplikasi Alfagift untuk memudahkan konsumen berbelanja. Pesanan langsung diantar di hari yang sama. Ini upaya kami untuk membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 sekaligus membantu menyediakan kebutuhan masyarakat,” jelas Solihin.

Alfamart for All

Dengan mengusung “Alfamart for All”, Alfamart siap membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Semangat tersebut mereka implementasikan melalui berbagai program kemanusiaan. Beberapa di antaranya adalah bagi-bagi kebutuhan pokok, pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM), menggerakkan ekonomi pemilik usaha warung makan yang terdampak pandemi, dan menyediakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) yang terintegrasi untuk membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

Adapun fasilitas isoman Alfamart merupakan asrama milik Universitas Bunda Mulia (UBM) yang telah direnovasi. Fasilitas isoman tersebut dapat digunakan oleh karyawan Alfamart serta masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Alfamart sendiri menyediakan 375 kamar yang siap menampung pasien isoman di fasilitas tersebut. 

Solusi penyediaan fasilitas isoman tersebut merupakan kesigapan Alfamart dalam membantu rumah sakit di tengah lonjakan pasien Covid-19 beberapa waktu lalu.

Selain itu, Alfamart juga membantu mewujudkan penyediaan Rumah Oksigen Gotong Royong yang digagas GoTo dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di wilayah Jakarta.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi situasi pandemi.

“Kami sadar, dengan isolasi terpusat, pasien Covid-19 bisa dipantau kesehatannya dan dirawat sampai sembuh. Selain itu, dapat mencegah penularan ke anggota keluarga lain,” kata Solihin.

Komitmen Alfamart untuk tumbuh bersama UKM juga tidak surut meski saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi masalah utama.

Upaya tersebut telah Alfamart lakukan lewat berbagai pemberdayaan dan pembinaan bagi pelaku UKM di seluruh Indonesia.

"Alfamart terbuka dan aktif mengajak pelaku UKM untuk mengembangkan potensinya, bahkan memberikan dukungan agar produk mereka bisa memenuhi standar yang ditetapkan," ucap Solihin.

Sebagai informasi, Alfamart memiliki banyak kisah sukses bersama para pelaku UKM. Contohnya, Enong Nurjanah pengusaha snack dari Purwakarta, Ratiman pengusaha pisang dan gula semut dari Cilacap, dan Naswardan pengusaha keripik bawang dari Banten.

Bantuan yang diberikan Alfamart diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk naik kelas dan terus bertumbuh, terutama di masa pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, tambah Solihin, Alfamart telah membagikan lebih dari 25.000 paket sembako bagi masyarakat terdampak kondisi pandemi selama 2021.

“Bantuan tersebut diberikan secara langsung lewat kerja sama dengan yayasan, komunitas, dan dinas terkait untuk selanjutnya disalurkan,” tutur Solihin.

Sebagai program kepedulian terhadap lingkungan yang berkelanjutan, Alfamart juga akan melakukan penanaman 22.000 pohon di seluruh Indonesia lewat program Alfagreen dan Alfamart Sahabat Bumi.

Sejauh ini, Alfamart sudah menanam 15.000 bibit pohon sepanjang 2021. Adapun penanaman tersebut meliputi pohon buah, pohon pelindung, dan pohon produktif di lahan rawan seperti pinggir sungai.

Tak berhenti sampai di situ, Alfamart juga menyalurkan bantuan untuk bidang pendidikan. Alfamart menyelenggarakan program Alfamart Class yang telah menerapkan kurikulum untuk menciptakan lulusan siap kerja di industri ritel. Program tersebut diselenggarakan di 189 sekolah menengah kejuruan (SMK).

Terakhir, Alfamart juga memberikan laboratorium ritel modern sebagai sarana praktik untuk setiap SMK yang bekerja sama di Kota Sorong, Papua.

Sebagai informasi, Alfamart merupakan salah satu perusahaan padat karya dengan 130.000 lebih karyawan. Perusahaan selalu mengedepankan kesetaraan dan membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi karyawan.

Saat ini, terdapat 755 penyandang disabilitas yang telah menjadi bagian dari keluarga besar Alfamart

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com