Sambut Hari Peduli Sampah Nasional, Alfamart Gelar Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi

Kompas.com - 22/02/2023, 13:07 WIB
advertorial

Penulis

KOMPAS.com - Alfamart menginisiasi program Kampung Alfamart Sahabat Bumi yang bertepatan dengan perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Selasa (21/2/2023). Program ini digelar di dua lokasi, yakni di Sukorejo, Semarang, dan Ulujami, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Alfamart mengadakan kegiatan bersih-bersih kampung dari limbah plastik, penukaran kupon atas sampah, serta pelatihan daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomi.

Corporate Communications General Manager Alfamart Rani Wijaya mengatakan, Kampung Alfamart Sahabat Bumi merupakan program corporate social responsibility (CSR) berkelanjutan dari Alfamart di bidang lingkungan. Kegiatan ini berupa pemberdayaan kampung yang berorientasi pada kelestarian lingkungan.

“Melalui program tersebut, Alfamart ingin membentuk kampung yang mempunyai ekosistem berwawasan sosial, lingkungan, serta ekonomi. Kami berharap, masyarakat memiliki kesadaran bahwa lingkungan yang lestari dapat menunjang perekonomian mereka,” ujar Rani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi, lanjut Rani, sejalan dengan tema HPSN 2023 yang dicanangkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK), yakni “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. 

Pihaknya meyakini, prinsip pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan terintegrasi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Rani pun memaparkan empat kelompok kegiatan yang akan berjalan sepanjang 2023 di Kampung Alfamart Sahabat Bumi, yakni pengurangan pemakaian plastik sekali pakai (reducing), daur ulang limbah menjadi barang baru yang bisa dimanfaatkan (recycling), pemberdayaan masyarakat setempat untuk mengelola limbah (empowerment), serta penanaman pohon produktif (replanting).

Kegiatan di Kampung Alfamart Sahabat Bumi Semarang. DOK. Alfamart Kegiatan di Kampung Alfamart Sahabat Bumi Semarang.

“Alfamart akan melaksanakan berbagai kegiatan turunan dari empat kelompok kegiatan tersebut. Sebut saja, menyediakan fasilitas bank sampah, pembangunan rumah bibit, konservasi air, serta pembuatan taman obat keluarga (toga). Kegiatan ini dilakukan secara bervariasi sesuai kondisi dan kebutuhan di masing-masing kampung,” tuturnya.

Rani melanjutkan bahwa dalam menjalankan program Kampung Alfamart Sahabat Bumi, pihaknya bekerja sama dengan kelompok tani wanita Nandur Sedekah di Sukorejo dan Tri Puspasari di Ulujami. Mereka pun menyambut baik ajakan Alfamart untuk mengikuti program ini.

“Kami berencana mengadakan program Kampung Alfamart Sahabat Bumi di tempat lain secara berkelanjutan sepanjang tahun,” kata Rani.

Sementara itu, pegiat lingkungan dari kelompok wanita tani Tri Puspasari, Tri Sugiarti, mengaku senang bisa bekerja sama dengan Alfamart.

Selama satu tahun ke depan, sambung Sugiarti, pihaknya akan melakukan program pemberdayaan di kampung yang telah dipilih Alfamart.

“Dengan dukungan dari Alfamart, saya berharap, program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat sehingga bisa menjadi inspirasi untuk kampung lainnya,” katanya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com