Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Donor Darah Ke-115, BCA dan PPATK Kumpulkan 400 Lebih Kantong Darah untuk Bantu Masyarakat

Kompas.com - 06/06/2024, 15:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), BCA menyelenggarakan donor darah ke-115 di Menara BCA, Jakarta, pada 30-31 Mei 2024.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 411 kantong darah yang nantinya akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan sekaligus menunjukkan komitmen BCA dalam membantu masyarakat melalui kegiatan donor darah. 

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengungkapkan rasa senangnya atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini.

"Donor darah merupakan salah satu tradisi dan kegiatan rutin BCA yang kami adakan secara berkala. Selain melibatkan karyawan, kami juga membuka kesempatan bagi nasabah dan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi," ujar Jahja.

Kali ini, kegiatan donor darah oleh BCA dilakukan bersama-sama PPATK dalam rangka memperingati Gerakan Nasional 22 Tahun APU-PPT.

"Kami harap kegiatan ini dapat berdampak positif dan membawa banyak manfaat untuk masyarakat, terutama pihak-pihak yang membutuhkan kantong darah secara rutin," ujarnya.

Seluruh kantong darah yang terkumpul dari kegiatan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan darah di Jakarta. Kegiatan donor darah rutin digelar BCA berkolaborasi dengan PMI sejak 1991.

Selain bekerja sama dalam kegiatan donor darah, BCA juga turut memperkuat operasional PMI melalui pemberian satu unit kendaraan operasional pada tahun 2017, 10 unit blood scale and mixer pada 2018 dan 2019, serta sebuah mobil donor pada 2021.

Bakti BCA Bidang Kesehatan

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana berkata, kegiatan ini merupakan wujud dari kerja sama yang solid antara PPATK dengan BCA.

Baca juga: Pegawai Setjen DPR Antusias Donor Darah, 250 Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan

 

“Kita sudah sama-sama memberikan darah melalui kegiatan ini, sehingga kita harapkan semakin memperkuat komitmen PPATK dan BCA untuk terus bersama memerangi kejahatan di sektor keuangan Indonesia," ujar Ivan.

Sejak 2016, Bakti BCA telah membantu mengumpulkan 13.090 kantong darah dan 18 plasma konvalesen melalui kegiatan donor darah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com