APR dan Kala Studio Berkolaborasi Luncurkan Philo Garden, Pakaian Ramah Lingkungan untuk Perempuan Masa Kini

Kompas.com - 29/05/2023, 20:36 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 KOMPAS.com – Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR), berkolaborasi dengan fashion brand lokal Kala Studio meluncurkan koleksi pakaian ramah lingkungan bertema “Philo Garden” di Jakarta Fashion Hub, Jakarta Pusat, Sabtu (27/5/2023).

Tema tersebut diusung untuk menggambarkan sosok perempuan yang memiliki peran ganda dan menyebarkan cinta dalam segala aspek kehidupan secara alami. Gambaran ini pula menjadi cerminan sosok perempuan masa kini yang tangguh, mandiri, dan kuat.

Selain itu, tema tersebut juga menjadi representasi perempuan yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitarnya. Visi ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan APR2030 dalam menciptakan inclusive prosperity guna mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Sebagai informasi, kolaborasi APR dan Kala Studio dalam koleksi “Philo Garden” menghasilkan tiga motif dan total tujuh desain pakaian yang menggunakan viscose-rayon APR sebagai material utama.

Baca juga: Luncurkan Melayu Merindu, APR dan Mitra Dukung Pelestarian Budaya Wastra Riau

Head of Marketing Communication APR Zoey Rasjid mengatakan bahwa melalui kolaborasi tersebut, pihaknya berharap dapat menginspirasi perempuan-perempuan hebat untuk terus berkarya serta mendukung fashion designer dan brand lokal.

Pihaknya juga mendorong para punggawa brand lokal, khususnya di bidang fesyen, untuk beralih ke bahan baku yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

“Penggunaan bahan baku ramah lingkungan tidak hanya berlaku untuk produsen, tapi juga untuk konsumen. Dengan demikian, baik produsen maupun konsumen dapat menjaga bumi lebih baik secara bersama-sama,” ujar Zoey dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/5/2023).

Pada kesempatan sama, Chief Executive Officer (CEO) Kala Studio Vina Artha Ameilya mengatakan bahwa kolaborasi Kala Studio dengan APR dapat terwujud karena kedua entitas memiliki visi yang serupa. Utamanya, dalam eksplorasi bahan ramah lingkungan yang semakin diminati oleh pasar.

APR, kata Vina, menjadi salah satu pilihan utama Kala Studio dalam menjelajahi bahan-bahan ramah lingkungan. Kampanye sustainable fashion dari APR mendorong fashion brand lokal untuk menggunakan material eco-friendly.

“Visi ini sesuai dengan keinginan kami untuk ikut mendukung fesyen yang lebih berkelanjutan,” kata Vina.

Corak dan bahan Philo Garden

Vina menjelaskan, tiga motif dari total tujuh desain dalam koleksi “Philo Garden” didesain oleh ilustrator Kala Studio, Dvita Mahendra. Ia menggabungkan tiga corak tumbuhan Philodendron secara atraktif pada koleksi ini.

Sebagai gambaran, corak Blushing Philo hadir dengan sentuhan warna cerah dari light pistachio. Corak ini berpadu apik menjadi tropical print yang riang dan ringan.

Baca juga: Mendag Lutfi Lepas Produk Viscose Rayon PT APR ke Pasar Global dan Domestik

Selanjutnya, corak Night Garden hadir dengan permainan warna dramatis. Terakhir, corak Day and Night melengkapi keseluruhan koleksi Philo Garden. Corak ini hadir dengan ilusi motif garis-garis yang cocok dikenakan kapan pun, baik siang maupun malam hari.

Corak koleksi Philo Garden. DOK. APR. Corak koleksi Philo Garden.

Ketiga corak tersebut hadir dalam tujuh produk kolaborasi APR x Kala Studio yang memiliki siluet kasual. Adapun rangkaian produk tersebut terdiri dari Blushing Philo Ruffle Set, Blushing Philo Long Shirt Dress, Day and Night Puffy Dress, Day and Night Oversized Set, Night Garden Playsuit, Night Garden Long Sleeved Shirt Dress, serta Night Garden Ruffle Set yang tersedia secara ready-to-wear.

Seluruh produk tersebut dibuat menggunakan material viscose twill dengan serat rayon alami dari APR. Kain ini memiliki karakteristik yang unik dan nyaman, tidak mudah kusut, seta mudah disetrika.

Baca juga: Resmikan Jakarta Fashion Hub, Sandiaga Uno Apresiasi Upaya APR Dukung Sektor Fesyen Indonesia

Tekstur material tersebut juga halus dan terasa lembut saat diraba. Selain itu, viscose twill juga memiliki daya serap tinggi. Dengan demikian, koleksi Philo Garden nyaman dikenakan pada iklim tropis karena seratnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Serat rayon juga bersifat versatile atau mudah untuk dikombinasikan dengan material lain. Penggunaan serat rayon pada produk fesyen pun selaras dengan tren sustainable fashion karena sifatnya yang terbarukan dan mudah terurai (biodegradable).

Selain mengajak ekosistem fashion menggerakkan sustainable fashion, APR juga aktif dalam kampanye Everything Indonesia. Kampanye ini mengajak para desainer serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk menggunakan produk dari Indonesia.

Untuk melihat koleksi APR x Kala Studio, Anda dapat datang langsung ke Jakarta Fashion Hub. Produk juga dapat dibeli secara online melalui laman Kala Studio di www.wearekalastudio.com.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com