Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EMI dan Sojitz Kerjasama Tingkatkan Penetrasi PLTS Atap di Indonesia

Kompas.com - 19/11/2023, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sojitz bersama PT Energi Mitra Investasi, induk usaha Grup Sun Energy, secara resmi menjalin aliansi strategis dengan membentuk perusahaan patungan modal PT Surya Nippon Nusantara (SNN).

Keduanya berbagi kepemilikan sebesar masing-masing EMI 51 persen, dan Sojitz 49 persen.

Sebagaimana diketahui, Grup Sun energy telah menghadirkan bisnis yang menyediakan solusi keberlanjutan seperti PLTS atap di sektor residensial serta aplikasi mobile.

Kemudian pengembangan infrastruktur kendaraan listrik, layanan pengolahan air pada sektor industrial, hingga platform jual-beli Renewable Energy Certificate (REC) berbasis teknologi blockchain.

Sebagai bagian dari upaya dekarbonisasi, SNN akan memanfaatkan ekselensi bisnis Sojitz dan Grup Sun dalam mengeksplorasi implementasi teknologi penyimpanan baterai, bisnis terkait kendaraan listrik (EV), layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar nol emisi seperti hidrogen, amonia, dan biofuel.

Baca juga: Koalisi Demokrasi Energi Desak Kemudahan Pasang PLTS Atap

SNN juga menyediakan solusi instalasi PLTS Atap pada sektor komersial dan industrial. Hingga pada tahun 2030 mendatang, SNN telah berencana untuk menginstalasi PLTS hingga 100 MWp yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) yang terletak dalam Kota Deltamas, sebagai kawasan urban komprehensif yang juga dikembangkan oleh Sojitz.

CEO SNN Dion Jefferson mengungkapkan, kehadiran SNN merupakan bagian dari komitmen Grup Sun dalam mewujudkan Indonesia Nol Emisi Karbon.

Melalui keahlian yang dimiliki oleh Sojitz, SNN akan berupaya aktif dalam menawarkan program dekarbonisasi seperti penerapan penyampaian baterai, kendaraan listrik, efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, amonia dan biofuel.

Dengan pengalaman Grup Sun dalam menginstalasi PLTS Atap, selain fokus mengembangkan potensi pasar Perusahaan asal Jepang di Kawasan Industri GIIC, SNN juga akan melakukan penetrasi pasar PLTS Atap bagi sektor industrial dan komersial di wilayah lain.

Baca juga: Sinopsis Once Upon a Time in China 2, Wong Fei Hung Lawan Sekte White Lotus

Dukungan Sojitz terhadap SNN merupakan bagian dari visi "Sustainability Challenge" yang ditujukan hingga tahun 2050 mendatang.

Visi tersebut mendorong Sojitz untuk berkomitmen dengan memberikan kontribusi terhadap upaya dekarbonisasi di Indonesia, melalui pengembangan bisnis pada industri energi terbarukan melalui SNN yang akan berfokus dalam mengakselerasi proyek PLTS Atap di Indonesia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com