Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2021, 16:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comCara membuang sampah yang benar adalah membuang pada tempat yang telah disediakan serta memilah jenis sampahnya.

Membuang sampah dengan benar akan membuat lingkungan sekitar menjadi bersih, sehat, dan nyaman dipandang. Karena tidak ada tumpukan sampah atau yang berserakan.

Menurut Rudi Hartono dalam buku Penanangan dan Pengolahan Sampah (2008), sampah adalah material sisa dari proses aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Ada dua jenis sampah, yakni organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti dedaunan serta sampah dapur. Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak dapat terurai, seperti plastik, kaleng, dan logam.

Baca juga: Apakah Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Hidup Tidak Selaras dengan Alam?

Cara membuang sampah yang benar

Dikutip dari buku Generasi Milenial Cinta Lingkungan (2021) oleh V. Kristina Ananingsih dan Ignatius Novianto Hariwibowo, salah satu cara membuang sampah yang benar adalah dengan membuangnya di tempat sampah.

Sebagai contoh setelah kita memakan makanan, kita bisa membuang bungkus plastiknya di tempat sampah yang telah disediakan. Jika tempat sampah organik dan anorganik dibedakan, kita bisa membuangnya ke dalam tempat sampah anorganik.

Selain itu, masih ada beberapa cara lain membuang sampah yang benar, yakni:

  1. Ketahui jenis sampah
    Sebelum membuang sampah kita harus mengenali sampah apa yang akan dibuang.
  2. Pisahkan sampah berdasarkan jenisnya
    Setelah mengenalinya, kita bisa memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, yakni organik (dapat terurai) dan anorganik (tidak dapat terurai).
  3. Buanglah sampah pada tempatnya
    Setelah dipisahkan, selanjutnya buanglah sampah sesuai tempatnya.

Baca juga: Contoh Kegiatan untuk Memanfaatkan Sampah

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com