Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Lingkungan, Penguasa Tol Indonesia Ini Tanam 100.000 Pohon

Kompas.com - 19/02/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkomitmen melestarikan lingkungan dengan berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 100.000 Bibit Pohon yang dilaksanakan di Jakarta, Minggu (18/2/2024).

Direktur SDM dan Umum PT JLJ selaku Kelompok Usaha Jasa Marga Group Abdul Hamid mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan visi Jasa Marga untuk membangun bisnis Perusahaan yang berkelanjutan dengan tetap mengedepankan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) di wilayah sekitar jalan tol.

"Hal ini bertujuan agar lingkungan dan sosial mendapatkan manfaat dan juga dapat meningkatkan nilai Perusahaan kepada masyarakat," kata Abdul.

Kegiatan yang mengangkat tema “Tanam Harapan, Panen Kebaikan Jadikan Bumi Lebih Baik” ini secara simbolis dibuka dengan penyiraman bibit pohon yang dilakukan oleh Direktur Eksekutif Yayasan BUMN Untuk Indonesia Syafuan dan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Baca juga: AEON Store dan Living World Kota Wisata Tanam Pohon Bersama

Meski membutuhkan waktu 10-20 tahun ke depan, pohon yang tumbuh nantinya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat, generasi mendatang, dan lingkungan.

Gerakan Penanaman 100.000 Bibit Pohon ini bertujuan untuk mempercepat pencapaian target pemerintah Net Zero Emission pada tahun 2060 yang diwujudkan dengan kegiatan penyebaran bibit tanaman serta partisipasi masyarakat.

Jasa Marga sebagai Perusahaan jalan tol yang berkelanjutan terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan bagi generasi mendatang.

Beberapa program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pada bidang lingkungan juga terus dijalankan oleh Jasa Marga, di antaranya melalui program beautifikasi dan penghijauan jalan tol milik Jasa Marga Group.

Komitmen terhadap kelestarian lingkungan juga dibuktikan oleh Jasa Marga sebagai perusahaan jalan tol satu-satunya di Indonesia yang memiliki sertifikasi Green Tollroad Indonesia untuk tiga jalan tol yang dikelola, yakni Jalan Tol Bali-Mandara, Jalan Tol Gempol-Pandaan, dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com