Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2023, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui program Danamon Peduli sebagai bentuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk merayakan Ramadan dengan berbagi keberkahan kepada komunitas.

Sepanjang Ramadan ini, Danamon terlibat dalam berbagai program seperti "UMKM Lebih Berkah,” yang merupakan hasil kolaborasi dengan program "Semua Bisa Makan" milik Baziz DKI dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Program "Air dan Sanitasi Nusantara" di Cianjur berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, hingga transportasi mudik gratis.

Sustainability Finance Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Abdul Hadi mengatakan, Ramadan selalu menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia, terutama umat muslim.

Namun, Ramadan tahun ini lebih terasa istimewa karena menjadi momen Ramadan pertama sejak dicabutnya peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Ngabuburit Ramah Lingkungan, Ajinomoto Ajarkan Kelola Sampah Jadi Cuan

"Danamon melalui Danamon Peduli juga ingin merayakan Ramadan dengan berbagi keberkahan kepada banyak orang dengan berbagai program yang diusung,” ujar Hadi, dalam rilis Kamis (20/4/2023).

Sebagai bagian dari strategi pengembangan UMKM nasional yang berfokus pada digitalisasi, Danamon menyelenggarakan sosialisasi penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS) untuk 150 UMKM kuliner mitra Baziz DKI di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang dikemas dalam program UMKM Lebih Berkah.

Program ini mendorong penggunaan QRIS bagi UMKM sebagai alat transaksi keuangan secara daring untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keunggulan tabungan digital dan QRIS agar mempermudah transaksi pembayaran.

Kemudian, Danamon bekerja sama dengan Bazis DKI juga membagikan 10.000 kupon makanan berbuka puasa yang berlangsung sejak 24 Maret sampai dengan 19 April 2023.

Selain program yang berkaitan langsung dengan Ramadan, Danamon juga kembali melanjutkan Program "Air dan Sanitasi Nusantara" di Cianjur berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa.

Pembangunan ini menjadi bagian dari Program "Air dan Sanitasi Nusantara" yang telah berjalan sejak 2021. Pada November 2022, Danamon bersama MUFG serta Adira merespon bencana gempa ini dengan membangun hunian ramah gempa dan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) di beberapa lokasi.

Dalam persiapan menghadapi musim kemarau, Danamon membangun sumur dan penampungan air bersih di tiga lokasi di Cianjur, yaitu SMK Ilmina Persada (lokasi Hunian Ramah Gempa 2022), SMP Putra Rahayu (lokasi Hunian Ramah Gempa 2022), dan Kampung Pangkalan RT02/RW06 Desa Benjot Kecamatan .

Dalam acara yang diresmikan pada tanggal 14 April 2023 ini, para karyawan yang tergabung dalam relawan Danamon turut hadir di SMP Putra Rahayu untuk berkegiatan bersama masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dilakukan antara lain pengecatan, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemeriksaan kesehatan, penanaman pohon di sekitar area program, dan pemberian bingkisan untuk masyarakat.

Danamon Peduli juga menyiapkan transportasi mudik gratis bagi masyarakat bekerja sama dengan Koperasi Karyawan Kelompok Gobel dan Koperasi Kesejahteraan Karyawan & Keluarga Kayaba Indonesia, dua koperasi besar yang menjadi mitra Danamon.

Dalam program mudik gratis, Danamon menyiapkan enam bus yang akan diberangkatkan ke Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk karyawan dan keluarga dari kedua koperasi tersebut pada tanggal 19-20 April 2023.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com