Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Malaysia Kolaborasi Perkuat Riset Bahan Alami untuk 3 Bidang

Kompas.com - 20/06/2024, 15:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Malaysian Industry-Government Group for High Technology (MIGHT) terkait kerjasama penelitian. 

Kerjasama penelitian antara Indonesia dan Malaysia ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi alam kedua negara secara optimal, serta meningkatkan kualitas riset dan inovasi di kawasan Asia Tenggara.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menyambut baik kerja sama riset dua negara serumpun tersebut.

Menurutnya, MIGHT memiliki kerja sama yang sudah dilakukan dengan Indonesia sejak lama, dan baru saat ini dilakukan penandatanganan MoU.

Baca juga: Adaptasi Perubahan Iklim, Inovasi Agrobisnis Benih hingga Pupuk

"Kita berharap melalui kerja sama ini kita bisa membuka peluang kerja sama lebih banyak lagi di berbagai bidang. Karena MIGHT itu adalah gabungan industri dan pemerintah di Malaysia. Jadi kita akan membuka kerja sama di Malaysia di berbagai bidang termasuk riset yang untuk industri dan sebagainya," terang Handoko saat penandatanganan di Gedung BJ Habibie, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, pihaknya menawarkan platform kolaborasi yang dikeluarkan oleh BRIN, untuk menjadi salah satu platform dalam memperkuat kerja sama tersebut. Kerja sama juga akan terbuka bagi negara-negara lain, termasuk dari Asia.

Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Agus Haryono menyebutkan bahwa kolaborasi ini akan fokus pada tiga bidang utama, yaitu pemanfaatan bahan alam untuk energi, pertanian, dan kesehatan.

"Kerja sama ini adalah riset bersama antara peneliti Indonesia dengan peneliti Malaysia. Kami berharap dapat memanfaatkan bahan alam untuk kesehatan, energi, dan pertanian, terutama dalam pengembangan vaksin," terang Agus. 

Proyeksi kerjasama Indonesia-Malaysia

Lebih lanjut, Agus menjelaskan mengenai rencana terdekat dari kolaborasi ini adalah pelaksanaan joint call penelitian.

"Setelah MoU ini, kami akan bekerja sama dengan pihak Malaysia. Kita akan meluncurkan joint call penelitian bersama untuk tiga bidang utama tersebut," tambah Agus.

Menurutnya, pendanaan untuk proyek ini akan berasal dari masing-masing negara. Peneliti Indonesia akan didanai oleh dana abadi penelitian Indonesia, sedangkan peneliti Malaysia akan didanai oleh dana abadi sains Malaysia.

Baca juga: Refill, Inovasi Pencegahan Sampah Plastik dari Hulu

"Ini adalah proyek pendanaan bersama pertama antara Malaysia dan Indonesia, yang kami harapkan bisa menjadi contoh sukses untuk kerja sama penelitian di masa mendatang," ujar Agus.

Ia juga menekankan potensi besar dari kerja sama ini karena kesamaan sumber daya alam antara Indonesia dan Malaysia.

"Natural product (produk alami) antara Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan. Ini membuka peluang bagi kita untuk bersinergi dan menghasilkan output berkualitas tinggi yang dapat bermanfaat bagi kedua negara," jelasnya.

Adapun kerja sama kedua negara direncanakan berlangsung selama tiga tahun pada tahap awal.

Jika jumlah proposal yang masuk lebih banyak, pihak BRIN akan mempertimbangkan untuk memperpanjang durasi kerjasama tersebut. 

Dengan adanya kerjasama ini, Agus berharap dapat menciptakan dampak positif yang signifikan bagi kedua negara.

"Penelitian bersama ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan Indonesia dan Malaysia, serta memperkuat hubungan bilateral dalam bidang riset dan inovasi," pungkasnya.

 

 

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau