Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2024, 10:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), memberikan premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan dengan total senilai Rp 442,283 juta kepada para petani mitra di Belitung Timur.

Premi tersebut diberikan melalui lima koperasi yaitu Koperasi Mitra Lestari, Koperasi Sambar Jaya Makmur, Koperasi Mitra Anugrah, Koperasi Berhimpun Sejahtera, dan Koperasi Lindong Raya.

Keenam koperasi tersebut menaungi lebih dari 376 petani dengan total luas lahan tersertifikasi 755,08 hektare.

Baca juga: Data Spasial Program Sawit Berkelanjutan

Tahun ini, nilai preminya meningkat 29 persen dibandingkan tahun lalu yang senilai Rp 340,769 juta.

Wakil Direktur Utama ANJ Geetha Govindan mengatakan, penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan tersebut merupakan komitmen SMM untuk terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di Belitung Timur.

"Diharapkan hal ini dapat memotivasi para petani mitra SMM untuk terus meningkatkan kualitas produksinya di masa depan," ujar Geetha dikutip dari siaran pers, Minggu (28/3/2024).

Geetha menambahkan, pemberian premi minyak sawit berkelanjutan merupakan bukti kerja sama antara SMM dan petani sawit yang telah memberikan keuntungan bagi para petani.

Baca juga: Luas Sawah Stagnan, Perkebunan Sawit Ekspansi Besar-besaran

Direktur Utama SMM Juli Wankara Purba menuturkan, penyerahan premi ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara tim SMM dan para petani mitra, serta dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Belitung Timur.

"Adapun peningkatan nilai premi tahun ini didorong oleh peningkatan produksi minyak sawit bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) dari para petani mitra," jelas Juli.

Dia menambahkan, SMM berkomitmen untuk terus menerapkan tata kelola perkebunan yang baik dan memperketat seleksi tandan buah segar (TBS) untuk memastikan minyak sawit mentah atah crude palm oil (CPO) yang dihasilkan berasal dari petani berkelanjutan.

Juli juga menyampaikan, perusahaan berkomitmen untuk maju bersama dengan koperasi mitra, sehingga para anggotanya mendapatkan manfaat.

Baca juga: Perkebunan Kelapa Sawit: Menyelamatkan yang Tersisa

Total ada tujuh koperasi dan satu badan usaha milik desa (BUMDes) yang menjalin kerja sama kemitraan dengan SMM.

"Semoga pada tahun 2027 kedelapan koperasi mitra mendapatkan premi minyak sawit berkelanjutan," jelas Juli.

Harman, perwakilan petani dari Koperasi Berhimpun Sejahtera, mengucapkan terima kasih kepada SMM atas pemberian premi minyak sawit berkelanjutan.

Dia berharap, nilai premi yang didapatkan oleh Koperasi Berhimpun Sejahtera dapat meningkat di masa mendatang.

Baca juga: Biomassa Kelapa Sawit Bisa Jadi Bahan Baku Ban dan Pembangkit Tenaga Listrik

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com