Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Strategi Deutsche Bank Dorong Pemasok Industri Jalankan Praktik Sustainability

Kompas.com - 05/08/2024, 09:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber ESG Today

KOMPAS.com - Perusahaan finansial Jerman, Deutsche Bank meluncurkan program pembiayaan untuk perusahaan kimia BASF guna mendukung bisnisnya di kawasan Asia.

Melalui program pembiayaan tersebut, kinerja sustainability para pemasok BASF akan selalu dievaluasi melalui sebuah platform yang bernama EcoVadis.

Hasil evaluasi akan memungkinkan para pemasok BASF mendapatkan insentif secara progresif agar memenuhi syarat untuk memperoleh suku bunga pinjaman yang kompetitif.

Deutsche Bank sebagaimana dikutip dari ESG Today, Senin (5/8/2024) menyatakan pemasok yang tidak masuk dalam program evaluasi akan termotivasi untuk memperoleh rating. Sehingga, hal tersebut membuat para pemasok beralih ke praktik-praktik yang berkelanjutan.

Baca juga:

Senior Vice President Corporate Treasury at BASF, Birka Benecke mengatakan melalui program ini, pihaknya dapat memperdalam kolaborasi dengan para pemasok dan memperkuat kemitraan di bidang transformasi keberlanjutan.

"Hal ini juga memberi kami kesempatan untuk lebih mengoptimalkan rantai pasokan kami,” kata dia

Peluncuran program baru tersebut menyusul serangkaian pengumuman program keberlanjutan oleh Deutsche Bank sejak tahun lalu, termasuk target pembiayaan dan investasi senilai hingga 500 miliar euro pada rentang 2020-2025.

Head of Corporate Bank for Asia Pacific, Middle East and Africa and Global Head of Cash Management Deutsche Bank Ole Matthiessen menuturkan pihaknya senang bisa berkolaborasi dengan BASF pada program pembiayaan terkait keberlanjutan pertamanya di Asia.

Baca juga: Pengelolaan Dana Desa dan Infrastruktur Berkelanjutan

"Kami sangat berkomitmen pada strategi keberlanjutan kami dan membantu klien kami menemukan solusi baru yang inovatif yang tidak hanya meningkatkan ketahanan rantai pasokan mereka, tetapi juga memajukan jejak keberlanjutan untuk memastikan operasi bisnis BASF di masa depan,” jelas dia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau