Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SAG dan Golden Dragon Siap Dorong Transportasi Ramah Lingkungan di Indonesia

Kompas.com - 12/08/2024, 15:46 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com - PT Sinar Armada Globalindo (SAG) bersama mitra strategisnya, Golden Dragon Bus Co., LTD, memperkuat komitmen mereka untuk memajukan transportasi ramah lingkungan di Indonesia.

Pada Mei 2024, di pameran Busworld Southeast Asia Exhibition yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, kedua perusahaan menegaskan kembali tekad mereka untuk menghadirkan solusi transportasi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

Sebelumnya, SAG dan Golden Dragon yang telah dimulai sejak 2019 telah membawa dampak signifikan bagi sektor transportasi publik di Indonesia. Hal itu dimulai dengan pengenalan bus Low Deck 12M, yang mulai beroperasi pada 2023 untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam mengurangi polusi udara melalui program "Langit Biru".

Pada Desember 2024, SAG berencana meluncurkan bus High Deck 12M baru yang akan beroperasi di jalur TransJakarta. Hal ini semakin memperkuat kontribusi keduanya terhadap mobilitas bersih.

Perlu diketahui, pemerintah Indonesia, melalui pengesahan Peraturan Presiden tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) pada tahun 2022, telah menetapkan target ambisius untuk mengurangi emisi karbon sebesar 41 persen pada 2030.

Sebelumnya, Kementerian ESDM, mengungkapkan bahwa kendaraan listrik memainkan peran penting dalam mencapai target tersebut dengan kemampuan mengurangi emisi hingga 50 persen dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak.

Kendaraan listrik juga menawarkan penghematan biaya operasional tahunan yang signifikan, dengan pengurangan biaya bahan bakar hingga 74 persen dan biaya perawatan hingga 48 persen.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis SAG Andre Jodjana terkesan dengan teknologi yang dikembangkan oleh Golden Dragon setelah beberapa kunjungan ke pabrik mereka di China.

“Kemitraan ini didasarkan pada visi bersama untuk menyediakan transportasi yang efisien, andal, dan ramah lingkungan di Indonesia,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (12/8/2024).

Dengan dukungan penuh dari Golden Dragon, SAG berhasil memperkenalkan bus listrik ke pasar Indonesia dan memperoleh tanggapan positif.

Ke depannya, SAG berencana untuk mengembangkan produksi bus listrik secara lokal, yang tidak hanya akan mempercepat transfer teknologi, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau