Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2023, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN dengan tiga unit bisnis; Semen dan Bahan Bangunan, Kemasan, dan Bahan Kimia, kembali membuka pendaftaran beasiswa SCG Sharing the Dream untuk 400 pelajar SMA/sederajat dan 10 mahasiswa S1.

Program beasiswa yang telah diselenggarakan selama lebih dari 10 tahun di Indonesia ini merupakan wujud komitmen SCG dalam mendukung kemajuan Indonesia melalui pemerataan akses pendidikan sekaligus implementasi dari prinsip SCG ESG 4 Plus.

Sejak 2012, sebanyak lebih dari 3.570 beasiswa telah diberikan untuk generasi muda Indonesia. Adapun beasiswa ini mencakup beberapa wilayah di mana SCG beroperasi, yakni Bogor, Sukabumi, Jakarta, Tangerang Selatan, Lebak, Karawang, dan Bekasi.

Persyaratan dan pendaftaran beasiswa dapat diakses di link berikut: http://www.scg.com/id/sharingthedream/.Pelajar dengan disabilitas didorong untuk mendaftar beasiswa SCG Sharing the Dream.

Beasiswa SCG Sharing the Dream 2023 mengangkat tema “Greener Planet, Brighter Future” untuk mendorong para pelajar meraih mimpi sembari mewujudkan bumi yang lebih baik dan lestari.

Baca juga: Tingkatkan Fasilitas Pendidikan di Bantar Gebang, Mandiri Sekuritas Salurkan Donasi Rp 50 Juta

Beasiswa yang diberikan berupa dana pendidikan, perlengkapan sekolah, pelatihan dan pengembangan diri, serta dukungan & dana implementasi untuk tiga program ESG inisiasi penerima beasiswa terpilih.

Adapun dana pendidikan yang diberikan untuk setiap penerima terdiri dari Pelajar SMA sebesar Rp 2 juta per tahun; dan Mahasiswa S1 senilai Rp 8 juta per tahun.

Khusus kategori S1, mahasiswa terpilih akan menerima beasiswa hingga penerima lulus perkuliahan atau maksimum empat tahun.

Presiden Direktur PT SCG Indonesia Chakkapong Yingwattanathaworn mengatakan, SCG secara konsisten berupaya mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai pendidikan yang inklusif dan merata serta mendukung generasi muda dalam meraih mimpi dan mewujudkan bumi yang lestari.

Oleh karena itu, SCG kembali menyelenggarakan beasiswa Sharing the Dream 2023 untuk 410 pelajar Indonesia dengan berlandaskan prinsip SCG ESG 4 Plus dan sangat mendorong pelajar disabilitas untuk mendaftar beasiswa ini.

SCG ESG 4 Plus merupakan komitmen yang dikembangkan oleh SCG dari prinsip ESG dengan empat fokus, yaitu mengurangi emisi karbon (Set Net Zero), menciptakan produk dan industri hijau (Go Green), menekan kesenjangan (Reduce Inequality), dan merangkul kolaborasi dengan berbagai stakeholder (Embrace Collaboration).

Sementara Plus bermakna keadilan dan transparansi, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Matahari Sabyna Putri Andrianto, siswi berprestasi asal SMAN 1 Bogor, Peraih Medali Emas POSN Bidang Ekonomi dan Kimia tingkat Nasional, membagikan ceritanya sebagai penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2022,

Matahari megaku, setelah menjadi penerima beasiswa SCG Indonesia, terdapat banyak progres yang dia rasakan, yaitu semakin termotivasi untuk belajar lebih giat dan meraih prestasi gemilang guna memajukan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Tentunya bukan hal mudah bagi saya untuk sampai pada titik dimana saya menjadi SCG scholarMenjadi suatu kehormatan dan hal yang membanggakan bisa menjadi salah satu keluarga besar penerima beasiswa SCG. Saya berharap SCG dapat terus menjadi motivasi dan inspirasi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia," tutur Matahari.

Beasiswa SCG Sharing the Dream ini sejalan pula dengan gagasan “Merdeka Belajar” dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang mendorong pelajar untuk merdeka dalam berpikir dan mengoptimalkan potensi sesuai minat dan bakatnya.

Pasalnya, Indonesia berada pada peringkat ke-107 dari 189 negara pada Indeks Pembangunan Manusia tahun 2020 yang dirilis Bank Dunia.

Indeks tersebut salah satunya diukur dari pendidikan; yaitu rata-rata masa sekolah anak. Indonesia mencatatkan rata-rata masa sekolah sebesar 8,2 tahun, sedangkan ekspektasi masa sekolah anak yaitu 13,6 tahun.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com