Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Emas Marathon SEA Games 2023 Beberkan Kiat Atletik Berkelanjutan

Kompas.com - 22/06/2023, 16:00 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraih medali emas marathon putra SEA Games Kamboja 2023 Agus Prayogo membeberkan kiat olahraga atletik berkelanjutan.

Pertama, orangtua harus aktif mendukung anak yang suka atletik. Kedua, event-event lomba lari harus kian banyak jumlahnya.

"Bibit atlet lari bisa diambil dari lomba-lomba lari, bukan hanya dari pembinaan PB PASI," ujar Agus, tatkala menjadi narasumber, Rabu (21/6/2023), untuk event lomba lari Garmin Run 2023 di Mal Summarecon Serpong, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Astra Jaring Kontribusi Berkelanjutan Generasi Muda Lewat SATU Indonesia Awards 2023Menurut Agus, Odekta Naibaho, atlet marathon putri dan Robby Sianturi, atlet nomor 5000 meter, adalah contoh dua atlet nasional yang datang dari lomba-lomba atletik.

Garmin Indonesia Marketing Communication Rian Krisna menambahkan, ada tiga nomor lomba lari di Garmin Run 2023 bertema From Hero to Zero, yakni 5K (kilometer), 10K, dan 21K atau half marathon.

Agus Prayogo berpartisipasi di nomor half marathon.

"Ada juga Kids Dash, khusus untuk anak-anak," tutur Rian.

Rian mengungkapkan, Indonesia merupakan tuan rumah Garmin Run sejak 2019.

Pada 2022, Garmin Run masuk dalam skema lomba lari regional Asia meliputi pelaksanaan di Indonesia, Malaysia, China Taipei, Thailand, dan Vietnam.

Baca juga: Praktikkan Upaya Berkelanjutan, MMSGI-MHU Raih Proper Emas

Garmin Run 2022 juga merupakan momen HUT ke-20 produk jam Garmin Forerunner yang digunakan oleh Agus.

Agus, tentara aktif TNI AD berpangkat letnan satu ini sudah menggunakan Forerunner sejak 2015.

Prestasinya tak main-main, Agus mengoleksi tujuh medali emas sejak dirinya memproklamasikan berkarier di dunia atletik nasional.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com