Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Musisi Indonesia Bersatu Suarakan Aksi Iklim, Luncurkan Album “sonic/panic”

Kompas.com - 26/10/2023, 19:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Berangkat dari kesadaran dan kekhawatiran akan krisis iklim, 13 musisi Indonesia dari berbagai genre bergabung untuk sebuah album kompilasi bertajuk “sonic/panic”.

Ke-13 musisi yang berkolaborasi menelurkan album kompilasi tersebut adalah Endah N Rhesa, FSTVLST, Guritan Kabudul, Iga Massardi dan Badrus Zeman, Iksan Skuter, serta Kai Mata.

Selain itu ada Made Mawut, Navicula, Nova Filastine, Prabumi, Rhythm Rebels, Tony Q Rastafara, dan Tuantigabelas.

Baca juga: Perubahan Iklim Sebabkan Badai Menguat dengan Cepat

Tiap musisi yang terlibat dalam album “sonic/panic” membawa karakter dan gaya musik mereka masing-masing.

Album “sonic/panic” diproduksi oleh Alarm Records, label rekaman sadar iklim pertama di Indonesia yang dibentuk oleh ke-13 musisi yang terlibat dalam inisiatif ini.

Album ini terdiri dari 13 lagu dari 13 musisi dengan berbagai genre seperti hip-hop, rock, blues, electronica, reggae, pop, hingga world music.

Setiap topik yang diangkat di setiap lagu juga beragam seperti isu krisis iklim, degradasi alam, polusi plastik, dan panggilan untuk aksi nyata secara kolektif.

Gagasan untuk membuat album kompilasi “sonic/panic” muncul setelah ke-13 musisi ini berkumpul di Bali beberapa bulan lalu saat mengikuti workshop serta diskusi soal isu
iklim dan cara musisi dapat turut berkontribusi dalam mengatasi isu ini.

Baca juga: Suarakan Isu Iklim, 13 Musisi Kolaborasi Buat Album Kompilasi

Dalam showcase eksklusif pra-rilis album di Jakarta, Selasa (24/10/2023), Endah Widiastuti dari Endah N Rhesa mengatakan, sebagai musisi mereka mempunyai cara untuk mengekspresikan kekhawatiran dan ketakutan mengenai krisis iklim.

“Meski bukan bermaksud menakut-nakuti, faktanya ada semua, bahwa di kurun waktu tertentu krisis ini akan terjadi,” kata Endah sebagaimana dilansir dari rilis Indonesia Climate, Knowledge, Arts & Music Lab (IKLIM).

IKLIM merupakan upaya kolektif musisi dan seniman yang peduli terhadap isu iklim. Upaya ini bertujuan mengajak masyarakat agar peduli isu perubahan iklim lewat seni dan musik.

Menurutnya, harus ada gerakan masif di mana semua pihak perlu terlibat demi generasi yang akan datang.

“Rasanya tidak adil kalau kita sudah tua, atau sudah tidak ada, tetapi menyisakan suatu hal yang tidak kita perjuangkan dengan baik,” tambah Endah.

Baca juga: Perubahan Iklim Ancam Kehidupan Tumbuhan Jadi Punah

Gede Robi dari band Navicula mengungkapkan, musisi sebagai bagian dari masyarakat juga ingin terlibat dalam menyuarakan isu iklim melalui “sonic/panic”.

Robi mengungkapkan, nama “sonic/panic” dipilih bukannya tanpa alasan. Sonic berarti audio, sedangkan panic mengandung unsur keadaan yang mendesak.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com