Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akselerasi Kota Pintar Berkelanjutan, SCEWC Siap Gelar "Smart City Awards 2024"

Kompas.com - 29/03/2024, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Penghargaan Kota Pintar Dunia (World Smart City Awards) yang diselenggarakan oleh Smart City Expo World Congress (SCEWC) telah menjadi acuan prestisius dalam pengembangan kota pintar global selama 13 tahun.

Penghargaan ini menjadi semacam "Oscar" yang menobatkan kota-kota dengan solusi inovatif dalam mewujudkan urbanisasi berkelanjutan.

Peran kota-kota di negara berkembang semakin penting. Diperkirakan antara tahun 2010 hingga 2025, 440 kota di negara-negara berkembang akan mendorong hampir separuh pertumbuhan PDB global.

Di antara mereka, keberadaan kota-kota dari negara-negara berkembang di Asia sangat signifikan. Sekitar 57 persen populasi dunia tinggal di Asia, dan sebagian besar tinggal di area perkotaan.

Pembangunan kota-kota di Asia ini tidak hanya menunjukkan potensi yang luar biasa besar tetapi juga mencerminkan keberagaman unik yang dibentuk oleh etnis, geografi, sejarah, dan pembangunan ekonomi.

Tantangan dan peluang yang dihadapi oleh kota-kota di Asia pun beragam.

"Region Smart City Awards merupakan sebuah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras para pemimpin, perusahaan, dan proyek-proyek inovatif dalam membangun masa depan kota yang lebih baik di Asia," ujar Luis Mao, CEO of SCEWC Greater China Area (29/3/2024).

"Melalui penghargaan ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk berkontribusi dalam menciptakan kota-kota yang lebih pintar, lebih ramah lingkungan, dan lebih sejahtera bagi semua orang,” tambahnya. 

Region Smart City Awards berfokus pada kota-kota dari negara-negara berkembang di Asia, bertujuan mengenali berbagai proyek, perusahaan, dan pemimpin yang luar biasa dalam pengembangan kota pintar.

Selain itu, diadakannya penghargaan tersebut juga ditujukan membantu memelihara budaya pembelajaran dan kerja sama di antara kota-kota di Asia serta menggerakkan perkembangan yang beragam.

Baca juga: Telkom dan NEC Kerja Sama Kembangkan Smart City di IKN

Penghargaan ini menjadi penyokong untuk berbagi pengalaman sukses dan solusi strategis, mempercepat upaya bersama menuju digitalisasi, pengelolaan lingkungan, dan pertumbuhan berkelanjutan di lanskap perkotaan negara-negara Asia.

Kota pintar berkelanjutan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com