Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Faktor Penyebab Kecelakaan yang Wajib Pahami Pemudik Roda Dua

Kompas.com - 09/04/2024, 18:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Guru Besar Bidang Transportasi Universitas Indonesia (UI) Profesor Sutanto Soehodho mengatakan, pengendara roda dua wajib memahami tiga faktor penyebab kecelakaan saat mudik Lebaran.

"Tiga faktor penyebab terjadinya kecelakaan sepeda motor yakni manusia (pengendara), kendaraan, dan lingkungan," kata Sutanto di Depok, sebagaimana dilansir Antara, Selasa (9/4/2024).

Dia menyampaikan, orang yang sakit, kurang fit, serta kelelahan saat berkendara memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi.

Baca juga: Kurangi Sampah Lebaran, Akademisi Ajak Shalat Id Tanpa Koran

Kelelahan dapat muncul karena waktu berkendara yang terlalu lama tanpa istirahat, bisa disebabkan oleh jarak yang jauh atau kondisi macet.

Banyak masyarakat yang memilih sepeda motor untuk mudik karena kendaraan ini bersifat fleksibel dan hemat.

Di sisi lain, sepeda motor memiliki risiko jika menempuh perjalanan jarak jauh. Apalagi bila muatannya berlebihan

"Perjalanan mudik kadang-kadang satu motor memuat suami-istri dan anaknya, ditambah dengan beban muatan barang yang dibawa. Ini tentu sangat berbahaya. Apalagi, badan motor tidak bisa melindungi penggunanya, justru badan kita yang melindungi motor, sehingga jika terjatuh, pengendara berisiko terluka parah," ujar Sutanto.

Selain itu, seseorang yang menempuh jarak yang tidak terlalu jauh tetapi kondisi lalu lintas macet juga dapat dapat menimbulkan kelelahan, baik secara fisik maupun emosional. Hal ini dapat memengaruhi kebiasaan dan kemampuan motorik seseorang saat berkendara.

Baca juga: Mudik Lebaran Bisa Pakai Aplikasi BNPB untuk Pantau Risiko Bencana

Faktor kedua penyebab kecelakaan yaitu kendaraan juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Rem yang aus, ban yang botak, sistem penerangan yang tidak berfungsi atau masalah lainnya dapat menyebabkan terjadinya hilang kendali saat mengemudi. Selain itu, masalah lingkungan juga menjadi faktor penyebab kecelakaan.

Faktor ketiga penyebab kecelakaan adalah lingkungan yang meliputi kondisi alam, cuaca, dan infrastruktur jalan.

Kondisi jalan yang tidak rata, berlubang atau licin, serta penerangan jalan yang tidak memadai dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengendara motor.

Baca juga: Jelang Arus Mudik Lebaran, BMKG Siap Terapkan Modifikasi Cuaca

Kenali rute

Sutanto menyarankan para pengendara motor untuk menghindari rute yang tidak dikenali.

Selain kondisi alamnya yang tidak familiar, keamanan dan keselamatan pengendara juga berisiko, misalnya daerah yang dilewati ternyata memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi.

"Mereka sebaiknya mencari informasi seputar rute, cuaca, titik rawan kecelakaan, fasilitas kesehatan, rest area, dan informasi penting lainnya sebelum melakukan perjalanan," tutur Sutanto.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com