Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perkenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih Saat Buka World Water Forum

Kompas.com - 20/05/2024, 12:16 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com-Presiden Joko Widodo memperkenalkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih saat membuka World Water Forum di Bali, Senin (20/5/2024).

Pidato pembukaan itu dihadiri sejumlah kepala negara peserta pertemuan yang akan membahas persoalan air dan sanitasi.

"Pada Oktober ini masa jabatan saya akan berakhir dan dalam kesempatan yang baik ini izinkan saya untuk mengenalkan Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto," kata Jokowi saat berpidato.

Baca juga: Jokowi Pimpin KTT World Water Forum di Bali Hari Ini

Saat namanya disebut Jokowi, Prabowo berdiri dari tempat duduknya.Dia kemudian menunduk hormat ke arah peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Jokowi menyebutkan, Prabowo yang kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan akan melanjutkan komitmen Indonesia terkait pengelolaan air.

Prabowo tampak baru kembali duduk setelah Jokowi mengucapkan terima kasih.

Pada hari ini, Jokowi akan memimpin pertemuan tingkat tinggi dalam World Water Forum.

Pertemuan itu akan dihadiri Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri langka Ranil Wickremesinghe, Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere, Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Haji Fadillah Bin Haji Yusof, dan Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso.

Baca juga: Momen Jokowi Bertemu Puan sebelum Gala Dinner WWF di Bali

Pertemuan juga akan diikuti oleh Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon, Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis, mantan Presiden Hungaria Janos Ader, utusan khusus Prancis Barbara Pompili, dan utusan khusus Belanda Meike van Ginneken.

Ini merupakan kali pertama adanya pertemuan tingkat kepala negara dalam sejarah World Water Forum.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com