Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADAedu Dorong Pemberdayaan Melalui Transformasi Pendidikan

Kompas.com - 01/08/2024, 06:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberhasilan seorang anak dalam bidang pendidikan seringkali masih diukur dengan semata-mata angka yang dicapai di sekolah.

Pendiri ADA Digital Production, Esther Natalia Kurniawan, melalui program ADAedu yang telah didirikan sejak 2021, berupaya mengubah paradigma tersebut.

Menurutnya, penting untuk mengingat kekuatan pendidikan dan tujuannya untuk memberdayakan, mewujudkan, dan mengubah masyarakat menjadi spektrum dan jangkauan yang lebih luas.

Baca juga: Pemerintah Buka Peluang bagi Swasta Ciptakan Keberlanjutan Pendidikan

Pendidikan tidak hanya berhenti di bidang akademis tetapi juga bervariasi di berbagai sektor, yang berdampak dan memengaruhi lingkungan dan keadaan sosial kita,” ujar Esther saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Menurutnya, pendidikan formal semata tidak menjamin bahwa generasi milenial, Gen-Z, maupun Gen-A akan memiliki masa depan yang gemilang.

“Berbicara tentang masa depan dan apa yang dimilikinya, pendidikan memiliki peluang tak terbatas yang hanya dapat ditetapkan melalui tindakan dan mengetahui kunci kinerja,” tambah dia.

Tentang program ADAedu

Oleh karena itu, melalui program ADAedu, ia ingin membangun keterampilan kepemimpinan khususnya bagi kalangan Generasi Milenial, Gen Z, dan Gen A.

“Program kami menekankan penerapan praktis keterampilan berpikir kritis dalam lingkungan dan lingkungan sosial nyata,” ujar Esther.

Mengintegrasikan bisnis dan organisasi di Jakarta, Indonesia, ke dalam kurikulum ADAedu, yang dirancang dan terinspirasi oleh kurikulum International Baccalaureate Creativity Activity/Action and Service (CAS) adalah salah satu cara.

Baca juga: Pemerataan Mutu dan Kualitas Pendidikan Jadi Tantangan di Indonesia

“Pendekatan ini mendorong pembelajaran berbasis penyelidikan komunikatif, mengembangkan hasil pembelajaran CAS dan pengetahuan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) melalui penilaian formatif umum,” tutur dia.

Setelah Esther mendirikan ADAedu pada 2021 saat bersekolah di British School Jakarta (BSJ), program ini kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi kurikulum oleh kemitraan media bersertifikat dan Penasihat Pendidikan pada tahun 2023-2024.

“Program kami terinspirasi oleh program CAS IB dengan penerapan UNSDG (United Nation Sustainable Development Goals) dalam bentuk keterampilan implementasi praktis melalui workshop langsung,” terang Esther. 

Adapun sasarannya adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa, dengan tujuan dapat membantu memvisualisasikan bidang kerja dan opsi karier mereka.

Beberapa visi dan misi ADAedu dalam mempercepat kreativitas siswa didorong oleh nilai-nilai berikut:

 - Program ADAedu telah mengimplementasikan 17 nilai inti dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membantu mengakomodasi aktivitas praktis yang berbasis pada pengalaman kerja nyata.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau