Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dojo Aston Gresik dan Gressmall Gelar Aksi Bersih Pantai Delegan

Kompas.com - 11/09/2023, 21:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Aksi nyata dilakukan Dojo Aston Gresik dan Gressmall dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, yang sekaligus menjaga kebersihan dan memelihara kelestarian lingkungan Pantai Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur.

Dengan penuh semangat, puluhan anggota Dojo Aston Gresik dan Gressmall menggelar latihan Dai Kyokushin bersama, serta kegiatan bersih-bersih di sekitar area Pantai Delegan Gresik.

Tidak hanya itu, juga dilakukan pemilahan antara sampah organik, sampah plastik, serta sampah berbahaya.

Baca juga: Tidak Hanya Irit, Kebiasaan Bawa Bekal Ternyata Juga Bisa Kurangi Sampah Makanan

Aksi sosial tersebut dilakukan untuk menggugah kepedulian warga dan lingkungan sekitar Pantai Delegan, baik secara langsung maupun tidak sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Aston Gresik Hotel & Conference Center.

"Permasalahan sampah plastik sangat mendesak dan menjadi perhatian dari berbagai pihak. Saat ini, penggunaan plastik sekali pakai secara berlebih berdampak pada krisis iklim," ujar General Manager Aston Gresik Hotel & Conference Center S Paminta Nugraha, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Sementara penggunaan sampah plastik di masyarakat, khususnya di Indonesia, masih sangat tinggi dan kurang kepedulian akan penanggulangannya.

Baca juga: Gunungan Sampah di Belitung Terbakar karena Metana, Wabup: Masih Terkendali

"Sebab itu, harapan kami dengan adanya aksi bersih pantai akan membantu kelestarian dan keasrian Pantai Delegan Gresik," lanjut Paminta, yang sekaligus sensei Dojo Aston Gresik & Gressmall.

Secara tidak langsung, destinasi wisata merupakan mitra bagi bisnis perhotelan untuk tumbuh dan berkembang.

Adanya tempat-tempat wisata di Gresik, juga turut andil untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. 

"Oleh sebab itu, tempat wisata harus dirawat serta dijaga keasriannya. Ketika tempat wisata tersebut indah dan menarik, maka wisatawan akan sangat tertarik untuk mengunjunginya," ucap Senpai Dita Ramadhani selaku HR Manager Aston Gresik Hotel & Conference Center, sekaligus anggota Dojo Aston Gresik & Gressmall.

Baca juga: Aksi Coastal Clean Up Pertamina Trans Kontinental Kumpulkan 12,6 Ton Sampah

Dalam kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan sebanyak tujuh kantong sampah dari sekitaran area Pantai Delegan.

Dita berharap, kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

"Banyak sampah yang dibuang di kawasan wisata setiap tahunnya. Termasuk, botol plastik, kantong dan kemasan plastik, bungkus makanan, serta puntung rokok, yang mengurangi keindahan alam pantai,” tutur Dita.

 

 

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com