Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2024, 13:14 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi, telah bergabung dengan organisasi non-profit Join the Planet untuk membantu memerangi perubahan iklim.

Pesepakbola bintang Argentina ini mengumumkan bahwa ia berkolaborasi dengan yayasan lingkungan hidup tersebut untuk ikut menjaga bumi.

Sebagai duta Join The Planet, Messi juga berkontribusi terhadap lingkungan dengan mengumpulkan ribuan ton plastik dari pantai di seluruh dunia. Ribuan ton plastik tersebut disusun menjadi patung sepatu kiri miliknya. 

“Peran Lionel Messi sebagai duta perdana untuk Join The Planet membawa pengaruh yang tak tertandingi terhadap budaya global,” kata Direktur Join the Planet Foundation, Thomas Kimber, dikutip dari Euronews, Minggu (14/4/2024). 

Baca juga: Perancis Larang Penggunaan Produk Mengandung PFAS, Kecuali Panci Tefal

Keterlibatan Messi dalam gerakan ini, menurut Kimber, artinya menjangkau jutaan orang yang bukan bagian dari diskusi lingkungan hidup.

"Kami menantikan dampak positif dari advokasinya terhadap tujuan kita bersama," imbuhnya.

Adapun hasil penjualan dari patung sepatu kiri bersejarah Messi tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk membersihkan Sungai Paraná di Rosario, Argentina.

Patung yang terbuat dari plastik daur ulang

Sebagai informasi, gerigi patung sepatu ini menggunakan plastik nilon daur ulang dari jaring ikan bekas, plastik polipropilen daur ulang yang bersumber dari tali dan tutup botol bekas, serta fiberglass daur ulang. 

Patung sepatu kiri kolaborasi Lionel Messi dan Join The Planet. Dok. Join The Planet Patung sepatu kiri kolaborasi Lionel Messi dan Join The Planet.
Secara keseluruhan, patung sepatu tersebut terbuat dari bahan daur ulang dari beberapa negara, termasuk Patagonia, Indonesia, Tiongkok, Thailand, India, dan Ghana. 

Adapun patung sepatu sepak bola Messi yang pertama dan dapat dikoleksi ini diproduksi melalui kemitraan dengan merek Karün yang berbasis di Patagonia, yang biasa membuat produk berkualitas tinggi dan berkelanjutan.

Dikutip dari laman resmi Join The Planet, produk yang terbuat dari bahan daur ulang seperti salah satunya jaring ikan, dibanderol mulai 299 Dollar AS (sekitar Rp 4,7 juta).  

Baca juga: Produk Organik Jadi Incaran Dunia, Indonesia Perlu Tangkap Potensi

Dengan membeli produk patung sepatu Lionel Messi, pembeli disebut mendukung proyek untuk melindungi dan melestarikan dunia melalui organisasi Join The Planet.

Sebagai informasi, Join The Planet merupakan merek yang memanfaatkan kembali bahan-bahan bekas menjadi produk berharga. Mereka kemudian menggunakannya untuk mendanai inisiatif di seluruh dunia yang dapat melindungi dan meregenerasi ekosistem alami melalui kerja sama dengan komunitas lokal.

Dengan bermitra bersama tokoh masyarakat terkenal untuk memperluas jangkauannya dan menginspirasi partisipasi global, Join the Planet memanfaatkan upaya kolaboratif untuk membuka jalan bagi perubahan berkelanjutan.

 

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com