Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2024, 14:33 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih banyak sampah tumpukan pakaian bekas yang berakhir di tempat pembuangan akhir dan tidak dimanfaatkan. Fenomena ini terjadi di berbagai negara. 

Namun, kini, salah satu negara di Benua Eropa Tengah yaitu Republik Ceko, telah berupaya mengatasi permasalahan limbah tekstil

Di antara masyarakat Eropa yang tercatat membuang sekitar 7 juta ton pakaian setiap tahunnya, Republik Ceko justru mulai mewajibkan aturan daur ulang

Dari sekitar 180.000 ton tekstil dibuang di Ceko setiap tahunnya, hanya 3 sampai 4 persen yang dibuang ke tempat sampah campuran.

Baca juga: Sampah Organik Disulap Jadi Pupuk, Bantu Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca

Total 39.000 ton dipilah untuk didaur ulang, sedangkan kontaminasi yang tidak dapat didaur ulang di tempat sampah campuran berjumlah 75.000 ton.

Dilansir dari euronews.com, Sabtu (15/6/2024), negara ini mempunyai rencana untuk mengubah praktik pengelolaan limbah yang ada saat ini.

Pada Desember tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup Ceko mengumumkan rencana untuk memberlakukan wajib pengumpulan limbah tekstil mulai tahun 2025.

"Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan negara Ceko dengan arahan Eropa mengenai pengelolaan limbah," ujar Menteri Kementerian Lingkungan Hidup Ceko, Petr Hladík.

Ia menjelaskan, tujuan utama aturan tersebut adalah untuk memastikan lebih banyak limbah tekstil yang bisa didaur ulang, dan untuk meningkatkan efisiensi upaya daur ulang.

Baca juga: Indonesia Kejar Net Zero Emission Sampah pada Tahun 2050

Namun, pengumpulan limbah tekstil secara terpisah masih belum diwajibkan. Artinya, saat ini masih banyak tekstil yang dibuang ke tempat sampah sehingga tidak dapat didaur ulang.

Menurut Petr Hladik, strategi Pemerintah Ceko mencakup didirikannya titik pengumpulan di berbagai kota, untuk membantu masyarakat membuang limbah tekstil mereka dengan lebih baik.

Saat ini, Ceko memiliki sekitar 10.000 tempat pengumpulan tekstil, namun Undang-Undang yang ada sekarang baru mewajibkan pengumpulan, bukan daur ulang. 

Perlunya daur ulang tekstil di berbagai negara

Selain Ceko, negara manakah di Eropa yang paling banyak mengumpulkan limbah tekstil?

Negara-negara Uni Eropa diperkirakan menghasilkan 6,95 juta ton limbah tekstil pada tahun 2020, atau sekitar 16 kg per orang.

Dari jumlah tersebut, 4,4 kg per orang dikumpulkan secara terpisah untuk digunakan kembali dan didaur ulang, namun sebanyak 11,6 kg berakhir di sampah rumah tangga yang tercampur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com