Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kecelakaan, Pengamat Soroti Pengendalian Sepeda Listrik dari Hulu

Kompas.com - 31/07/2024, 09:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan kendaraan listrik, termasuk sepeda listrik, memang memiliki banyak manfaat salah satunya ramah lingkungan. Namun, penggunaan sepeda listrik di Indonesia masih perlu pengaturan lebih ketat. 

Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno menilai, sepeda listrik berisiko menimbulkan kecelakaan di jalan raya. 

Merujuk dari Kompas.id (21/7/2024), terdapat 647 kecelakaan yang melibatkan sepeda listrik dan anak-anak, sepanjang Januari-Juni 2024.

"Sepeda listrik itu tidak berbunyi dan berkecepatan rendah, apalagi di jalan umum. Jalan nasional tak banyak trotoar. Trotoar yang ada, banyak yang tak cukup buat sepeda," ujar Djoko dalam pernyataannya, Selasa (30/7/2024). 

Baca juga: Permintaan Listrik Naik, Konsumsi Batu Bara Dunia Diprediksi Tak Turun sampai Tahun Depan

Terkait hal tersebut, untuk pencegahan, ia mengatakan pentingnya pengendalian aturan dan penggunaan sepeda listrik dari hulu. 

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini memberikan contoh, saat pembelian dilakukan, pembeli harus diingatkan bahwa kendaraan ini tak boleh dioperasikan di jalan umum.

"Pemberitahuan ini bisa disampaikan pihak dealer. Ada edukasi bagi pembeli," ujarnya. 

Selain edukasi dari pihak penjual, kata dia, Korlantas, Ditlantas, Satlantas, Ditjenhubdat serta Dinas Perhubungan Provinsi dan Kota/Kabupaten setiap daerah perlu melakukan sosialisasi dan mengingatkan secara rutin.

"Pengawasan orangtua terhadap anak-anak harus ditingkatkan. Semua pihak harus berperan, termasuk edukasi di sekolah juga. Keselamatan tak mengenal ini tugas siapa, tetapi tanggung jawab bersama," tegas Djoko.

Ia menilai, kampanye keselamatan perlu dilakukan rutin dan terus berulang, intens, tidak hanya dilakukan pada saat tertentu. Menurutnya, salah satu cara paling efektif adalah memasukkan materi dalam kurikulum sekolah.

"Dengan begini, anak-anak akan dituntut menerima dan memahami materi keselamatan yang ada. Jangan sampai anak-anak menjadi korban sekaligus pemicu kecelakaan di jalan yang dapat merugikan pengendara lain," imbuhnya. 

Aturan berkendara sepeda listrik

Pengaturan soal sepeda listrik tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Ilustrasi Beam, armada sepeda listrik, skuter elektrik, dan moped elektrik, yang disewakan. Dok. Djoko Setijowarno Ilustrasi Beam, armada sepeda listrik, skuter elektrik, dan moped elektrik, yang disewakan.

Adapun kendaraan tertentu yang dimaksud berupa skuter listrik, hoverboard, sepatu roda satu (unicycle), otopet, dan sepeda listrik.

Meski sudah ada regulasi yang mengatur penggunaan kendaraan dengan penggerak motor listrik, Djoko menilai banyak orang masih melanggar ketentuan yang berlaku.

"Penyalahgunaan sepeda listrik ini, menunjukkan pemahaman masyarakat yang rendah, diikuti pula dengan penegakan hukum yang masih rendah," ujarnya. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau