Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"ESG Positive Impact Awards 2024" Apresiasi 64 Perusahaan Malaysia untuk Kepemimpinan ESG

Kompas.com - 27/08/2024, 16:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ajang penghargaan "ESG Positive Impact Awards" (ESG PIA) sukses diadakan pada Rabu malam, 21 Agustus 2024, di Sheraton Petaling Jaya Hotel, Selangor, Malaysia.

Sebanyak 64 penghargaan diberikan kepada perusahaan-perusahaan Malaysia sebagai pengakuan atas kepemimpinan mereka dalam praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Acara gala yang dihadiri oleh 650 tamu ini memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang menjadi panutan, visioner, dan menunjukkan komitmen yang tak tergoyahkan terhadap prinsip-prinsip ESG, dengan menggabungkan keberlanjutan dan kesejahteraan sosial selain kinerja keuangan.

Dua perusahaan mendapatkan sorotan karena inisiatif ESG mereka yang luar biasa, memenangkan penghargaan Most Outstanding ESG Initiatives of The Year. Mereka adalah Malaysia Steel Works (KL) Bhd untuk kategori perusahaan besar, dan Iskandar Malaysia Studios Sdn Bhd untuk kategori UKM hingga menengah.

Diluncurkan pada tahun 2022, ESG PIA menjadi standar bagi perusahaan-perusahaan Malaysia dengan tema "Menyongsong Masa Depan yang Berkelanjutan."

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Star Media Group (SMG) dan disponsori oleh OCBC Bank (M) Bhd, dengan Ernst & Young bertindak sebagai penasihat dan auditor. ESG PIA bertujuan menginspirasi para pelaku industri dan investor agar berkomitmen menuju masa depan lebih berkelanjutan.

"Penghargaan ini bukan sekadar perayaan atas prestasi, tetapi juga bukti dari upaya bersama para pemimpin industri dalam mendorong agenda keberlanjutan di Malaysia. Keberlanjutan bukan lagi pilihan. Ini adalah tanggung jawab bersama kita," tegas Menteri Sumber Daya Alam dan Keberlanjutan Lingkungan, Nik Nazmi Nik Ahmad, dalam pidatonya.

Turut hadir dalam seremoni tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Investasi, Perdagangan, dan Industri (Miti) Datuk Hairil Yahri Yaacob, Ketua SMG Tan Sri Wong Foon Meng, Direktur Non-Eksekutif Non-Independen SMG Datuk Kelvin Lim, Kepala Konten SMG Datin Paduka Esther Ng, Kepala Bisnis SMG Lydia Wang, dan Kepala Eksekutif OCBC Bank (M) Bhd Tan Chor Sen.

CEO SMG, Chan Seng Fatt, menekankan pentingnya penghargaan ini dalam mengakui perusahaan-perusahaan yang membangun masa depan dengan fokus pada inklusivitas dan keberlanjutan.

Dia juga mencatat adanya peningkatan partisipasi yang signifikan tahun ini, dengan 287 pengajuan atau naik 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

ESG PIA didukung oleh berbagai mitra kerja, di antaranya ABAC Centre of Excellence, Business Council for Sustainable Development (BCSD) Malaysia, Green Growth Asia Foundation, dan Malaysian Green Tech and Climate Change Centre, dan lain-lain.

Baca juga: Sukses Menginspirasi, Lestari Summit 2024 Perkuat Kolaborasi Masa Depan Berkelanjutan

KG Media pun mengapresiasi terselenggaranya ESG PIA 2024. Acara ini sejalan dengan misi program Lestari untuk mendorong praktik keberlanjutan di berbagai sektor industri.

Keberhasilan ESG PIA dalam mengakui perusahaan-perusahaan yang berkomitmen pada prinsip-prinsip ESG menjadi inspirasi bagi kami dan seluruh pelaku industri untuk terus meningkatkan standar keberlanjutan dan tanggung jawab sosial di Indonesia dan Malaysia.

Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui tautan staresgawards.com.my.

Asia ESG Positive Impact ConsortiumDOK. KG MEDIA Asia ESG Positive Impact Consortium

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau