Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Lingkungan, Petrokimia Gresik Gelar 'Employee Green Behavior'

Kompas.com - 15/06/2023, 10:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Komitmen peduli lingkungan dilakukan PT Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, dengan menghadirkan Employee Green Behavior (EGB).

Pelaksanaan agenda tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen peduli lingkungan, dalam puncak peringatan 'Hari Lingkungan Hidup Sedunia' Petrokimia Gresik yang dihelat di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operasi Petrokimia Gresik I Ketut Rusnaya mengatakan, ada beberapa komitmen kepedulian lingkungan yang ditandatangani insan Petrokimia Gresik pada agenda yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Petrokimia Gresik Dampingi Kelompok Tani Tingkatkan Produktivitas Ubi Cilembu

Mulai dari hemat energi, hemat dalam menggunakan air, mengurangi emisi gas rumah kaca, mengelola sampah serta limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) berbasis Reduce, Reuse dan Recycle (3R), melestarikan keanekaragaman hayati, hingga tidak kalah penting adalah melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Petrokimia Gresik sejak didirikan tahun 1972 hingga usia hampir 51 tahun ini, senantiasa melaksanakan kewajiban pengelolaan sisa kegiatan usaha guna mencegah terjadinya pencemaran lingkungan," ujar Ketut, melalui keterangan tertulis, Rabu (14/6/2023).

Ketut mengungkapkan, kesadaran insan Petrokimia Gresik menjaga kelestarian lingkungan hidup selama ini, telah banyak membuahkan apresiasi dari stakeholder. Salah satunya, Petrokimia Gresik mendapatkan proper emas pada 2021 dan 2022.

Tidak hanya penandatanganan EGB, puncak peringatan 'Hari Lingkungan Hidup Sedunia' Petrokimia Gresik juga dilakukan dengan program Caring and Healing Environment by Replanting the Tree (Charitree) atau donasi bibit mangrove yang diikuti 375 karyawan.

Baca juga: Petrokimia Gresik Tebar 100 Drone, Siapkan Pertanian Berkelanjutan

Setiap karyawan mendonasikan 10 bibit, sehingga total ada 3.750 bibit mangrove yang disumbangkan untuk ditanam di Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Mengare, Gresik.

Pada hari yang sama, Petrokimia Gresik juga melakukan penanaman pohon langka untuk pelestarian lingkungan dan menyelamatkan flora yang mulai punah.

Serta 'Grebek Kantong Plastik' atau mengganti kantong plastik pengunjung Pasar Gresik dengan kantong belanja reusable bekerjasama dengan DLH Gresik, yang menjadi wujud kepedulian dan edukasi Petrokimia Gresik kepada masyarakat sekitar untuk mengurangi sampah plastik di kehidupan sehari-hari.

"Semoga program-program ini, dapat menginspirasi masyarakat untuk peduli dalam pengelolaan lingkungan semakin baik lagi," tutur Ketut.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com