Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Genap berusia 10 tahun pada 25 September 2023, Forum Corporate Social Responsibility (CSR) DKI Jakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musda) III, di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Salah satu agenda Musda adalah memilih secara aklamasi Ketua Forum CSR DKI Jakarta periode 2023-2028 yakni Aldi Imam Wibowo.

Mahir Bayasut yang sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Periode 2018-2023 mengungkapkan, dalam satu dekade perjalanan Forum CSR DKI Jakarta telah melalui berbagai transformasi sebagai wujud adaptif terhadap perubahan kehidupan masyarakat.

Selama lima tahun terakhir, Forum CSR DKI Jakarta juga telah berjibaku menyelesaikan beberapa rangkaian program inovatif terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Baca juga: Rektor UNJ dan Direktur JOP PT Pegadaian Resmikan CSR TGCL UNJ

Sebagai mitra dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Forum CSR DKI Jakarta selalu aktif dan terlibat dalam perumusan hingga pelaksanaan kebijakan.

"Program-program yang kami jalankan sejauh ini mendapat sambutan yang baik dari perusahaan maupun organisasi untuk berkolaborasi dan menyelaraskan kegiatan CSR dengan kegiatan strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini sangat membantu agar pelaksanaannya lebih strategis, tepat sasaran dan tepat guna,” ujar Mahir.

Mahir menjelaskan, tercatat 28 kolaborasi telah dilakukan Forum CSR DKI Jakarta baik dengan pihak swasta maupun pemerintah dalam Program Bantuan Sosial Penanganan Covid-19.

Beberapa mitra Forum CSR DKI Jakarta dalam program tersebut antara lain PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), Danone Indonesia, Palang Merah Indonesia, Rekso National Food, Unilever Indonesia, Rumah Yatim, hingga Kitabisa Indonesia.

Prioritas pengentasan stunting

Pengentasan stunting menjadi salah satu program prioritas yang akan dilaksanakan Forum CSR Provinsi DKI Jakarta dalam beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Forum CSR Indonesia Dukung Pendanaan Multipihak untuk Keberlanjutan

Program lain yang juga akan diterapkan adalah pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kebersihan lingkungan, dan menciptakan entrepreneur muda yang inovatif.

Selain bermitra dengan pemerintah, Forum CSR secara aktif akan bersinergi dengan pengusaha yang tergabung dalam Kadin DKI Jakarta dan sejumlah asosiasi pengusaha.

Ketua Umum Forum CSR Provinsi DKI Jakarta periode 2023-2028 Aldi Imam Wibowo mengatakan, berdasarkan data, Indonesia menduduki peringkat kedua di Asia untuk jumlah anak yang mengalami stunting dan kelima di dunia.

"Ini menjadi keprihatinan kita. Semua pihak, termasuk para pengusaha, harus terlibat aktif dalam upaya menurunkan angka stunting," imbuhnya.

Karena itu, melalui Forum CSR ini, dia mengajak para pengusaha untuk bisa menyisihkan CSR perusahaannya guna membantu anak-anak yang mengalami stunting.

"Ada dua hal yang akan diterapkan yakni preventif dan preemtif. Preventif dengan penyuluhan ke masyarakat, sedangkan preemtif melalui pemberian bantuan bagi anak-anak yang terkena stunting," pungkas Aldi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com