Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2024, 21:01 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat media di bawah naungan grup KG Media, yakni Kompas.com, Kompas TV, Kontan, dan National Geographic Indonesia, akan menggelar Lestari Summit.

Ini merupakan sebuah forum untuk para pemangku kepentingan dari berbagai sektor yang memiliki komitmen terhadap keberlanjutan dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs).

Forum ini mengangkat tema "Fostering Sustainability Through Inclusivity in Policy & Practices".

Dengan tema tersebut, Lestari Summit tahun ini berfokus pada diskusi soal pertumbuhan ekonomi yang pesat dengan mempertimbangkan inklusivitas dan keberlanjutan.

Baca juga: Tiga Media Besar Inisiasi Konsorsium Keberlanjutan Pertama di Asia

Lestari Summit juga merupakan komitmen KG Media untuk mengintegrasikan keberlanjutan kepada kesadaran sosial lewat strategi media yang menyeluruh.

Kompas Gramedia CEO Group of Media Andy Budiman mengatakan, komitmen ini akan dijalankan melalui seluruh platform, yakni media cetak, digital, serta televisi.

"Tentu, ini juga karena adanya kebutuhan mendesak terkait kejelasan dan dukungan
terhadap fasilitas transisi menuju penyesuaian implementasi program demi tercapainya
SDGs dalam praktik bisnis," ujar Andy, Kamis (4/4/2024).

Tak hanya itu, Lestari Summit juga akan menyoroti strategi kolektif yang penting untuk dijalankan pemerintah, swasta, dan masyarakat, demi memitigasi risiko lingkungan  dengan berbagai bauran kebijakan.

Strategi tersebut dijalankan melalui pendekatan yang lebih terintegrasi dan komprehensif antara faktor sosial dan lingkungan dalam proses ekonomi.

Kehadiran Lestari Summit diharapkan mampu membumikan konsep SDGs dengan mengakomodasi praktik-praktik berkelanjutan lokal, dan memberikan ruang kolaborasi bagi para penggerak perubahan lokal.

Baca juga: Mengenal Tujuan 17 SDGs: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Demikian halnya dengan para pemangku kepentingan pembangunan berkelanjutan, dan bisa berkontribusi dalam pembentukan proses perumusan kebijakan publik yang lebih inklusif.

Pada dasarnya, tambah Andy, Lestari Summit bertujuan menghadirkan peluang dan mendorong terciptanya lingkungan kolaboratif.

Dengan demikian, akan ada pertukaran pengetahuan dan pertumbuhan industri melalui dialog dan diskusi dalam forum ini.

Upaya menjawab tantangan global

Dunia sedang menjalankan berbagai upaya untuk mengurangi emisi karbon menuju net-zero emission (NZE) pada 2060.

Namun, di tengah perjalanannya ada sejumlah tantangan yang menjadi perhatian khusus seperti pemanasan global, pemanfaatan energi, penggunaan kendaraan listrik, pembiayaan berkelanjutan, dan pajak karbon.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com