Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aksi Ijo Baret Hijau" Kostrad Tanam 1.000 Pohon di Lahan Tidur Jakarta

Kompas.com - 11/11/2023, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kostrad bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta meresmikan gerakan penanaman 1.000 pohon di lahan tidur secara simbolis, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan yang diberi nama "Aksi Ijo Baret Hijau" ini merupakan bentuk kepedulian Kostrad terhadap lingkungan, yang nantinya akan dilakukan di beberapa wilayah di DKI Jakarta serta jajaran Divif 1 Kostrad.

Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan penanaman pohon ini menjadi momentum langkah awal bagi semua stakeholder untuk mewujudkan kebersamaan sebagai upaya membangun silaturahmi dalam rangka memajukan bangsa.

Baca juga: Peneliti Paparkan Pentingnya Produk Ramah Lingkungan di ICONIST 2023

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi, dengan tujuan untuk mengurangi polusi, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman,” ujar Pangkostrad.

Adapun jumlah pohon yang ditanam berjumlah 1.000 bibit pohon keras. Terdiri dari pohon mangga, alpukat dan lengkeng. Bibit pohon tersebut sudah tersalurkan ke beberapa wilayah yang menjadi target penghijauan.

“Saya berpesan kepada seluruh prajurit dan masyarakat untuk merawat pohon yang kita tanam ini agar nantinya dapat tumbuh subur, sehingga tujuan yang kita harapkan dapat tercapai,” pesan Pangkostrad.

Pangkostrad juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PJ Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan komponen masyarakat lainnya serta semua pihak terkait yang turut berperan atas terselenggaranya kegiatan Ini.

Baca juga: Semen Merah Putih Dukung Konstruksi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

"Semoga kerja sama yang balik Ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad dan Kabalak Kostrad, Dandim Jakarta Barat, Kapolres Jakarta Barat, Forkopimda DKI Jakarta, Camat, Danramil dan Kapolsek Kalideres serta Lurah Kamal, para Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan. 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com