Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komitmen untuk mewujudkan bisnis yang tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga menghadirkan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat semakin berkembang.

Pada acara yang bertajuk Barn Raising 2024 “Moving Forward Together for Better Indonesia” puluhan perusahaan terkemuka Indonesia yang tergabung dalam B Corporation Community Indonesia (B Corp), menegaskan komitmennya tersebut.

Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Rosy Wediawaty melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan yang lebih tinggi di pasar global, yang tentunya akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan juga pemerintah.

Baca juga: WIKA Akan Terus Terapkan Konstruksi Berkelanjutan

Misalnya dengan meningkatkan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas produk Indonesia melalui operasional bisnis yang bertanggung jawab.

"Sertifikasi B Corp menjadi salah satu bukti nyata komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan dan mewujudkan target SDGs dengan memberikan dampak terhadap aspek lingkungan, pemerintahan, pekerja, konsumen, dan komunitas," tutur Rosy dalam siaran pers, Rabu (13/3/2024).

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menambahkan, para pelaku di industri pariwisata, restoran, hotel, pusat kerajinan, oleh-oleh, kain daerah, bahkan transportasi dapat meniru perusahaan-perusahaan yang sudah bergabung, untuk terlibat secara aktif dalam B Corp Movement.

"Kami sangat mendorong para pelaku industri untuk bisa memiliki standar operasi yang tidak hanya mementingkan bisnis, tetapi juga memikirkan dampak lingkungan dan sosial dari bisnis yang dijalankan," ujar Himam.

Baca juga: Gastronomi Talks IGC: Menjelajahi Potensi Diplomasi Kuliner Berkelanjutan Indonesia

Hal tersebut juga sejalan dengan visi yang dibawa oleh B Corp dalam mendukung SDGs yang menjadikan bisnis sebagai kekuatan utama untuk menghadirkan kebaikan sekaligus menjadi wadah bagi bisnis untuk membawa ke perubahan yang lebih positif.

“Selama pandemi, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya keberlanjutan, praktik bisnis yang baik, dan bahwa keuntungan bukanlah satu-satunya motivasi dalam berbisnis. Bisnis harus menjadi kekuatan untuk membawa kebaikan, atau force for good," tambah Himam.

Saat ini, B Corp sedang melakukan salah satu upaya paling transformatif untuk mendesain ulang standar, atau yang kami sebut sebagai evolusi standar.

Director Process and External Verification B Lab Global Isik Oguzretem mengatakan, salah satu aspek terpenting dari standar baru adalah mendorong perusahaan untuk tidak lagi memilah-milah bidang mana yang ingin diperkuat.

Baca juga: Pengelolaan Produksi Pangan Berkelanjutan Kunci Antisipasi Dampak Krisis Iklim

"Tetapi kami mencoba membantu perusahaan untuk menghadapi setiap tantangan untuk bisa terus berkembang," cetus Isik.

B Corp merupakan komunitas perusahaan yang telah atau akan melakukan sertifikasi B Corp, yang merupakan sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya.

Hal ini mencakup aspek sosial, lingkungan, dan ketenagakerjaan, serta telah menerapkan transparansi publik dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial. 

Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia.

Baca juga: Tol Trans Sumatera Menuju Infrastruktur Berkelanjutan untuk Semua

Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 96 negara dan bergerak di 162 bidang industri yang berbeda.

Komunitas B Corp telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, jumlah komunitas B Corp di ASEAN meningkat dua kali lipat dari 27 perusahaan pada tahun 2022 menjadi 51 perusahaan di tahun 2023.

Di Indonesia, terdapat 23 perusahaan yang tersertifikasi B Corp dan diisi oleh nama-nama perusahaan besar yang terkenal memiliki visi untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang lebih berkelanjutan.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com