Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir yang Porakporandakan Libya Jadi Bukti Ganasnya Perubahan Iklim

Kompas.com - 14/09/2023, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Para ahli menyepakati bahwa banjir bandang yang memporakporandakan Libya tak bisa dilepaskan dari pengaruh perubahan iklim dan dampak nyata dari keganasannya.

Banjir bandang di Libya yang dipicu oleh Badai Daniel tersebut merupakan peristiwa cuaca ekstrem terbaru yang menjadi bagian dari dampak perubahan iklim.

Jumlah korban tewas akibat bencana itu hingga saat ini dilaporkan lebih dari 5.100 orang dan ribuan lainnya masih hilang, sebagaimana dilansir Euronews, Rabu (13/9/2023).

Badai Daniel menarik energi yang sangat besar dari air laut yang sangat hangat. Atmosfer yang menjadi lebih hangat menampung lebih banyak uap air lalu turun sebagai hujan yang sangat lebat.

Baca juga: Binance Janjikan 100 Dollar AS Per Orang dalam Kripto, Bantu Korban Banjir Libya

Apa itu Badai Daniel?

Dilansir dari laman University of Reading, Inggris, Badai Daniel merupakan siklon Mediterania yang terbentuk sebagai sistem cuaca bertekanan rendah.

Siklon Mediterania yang intens dengan karakteristik seperti badai disebut medicanes, sebagaimana dilansir dari pemberitaan Kompas.com.

Dalam setahun, Badai Daniel terjadi antara satu hingga tiga kali yang berpotensi memicu dampak buruk ke daratan seperti banjir, gelombang badai, dan angin kencang.

Badai ini sebagian besar berasal dari Mediterania barat dan di wilayah yang terbentang antara Laut Ionia dan pantai Afrika Utara.

Angin hangat dan kelembapan dari laut Mediterania cukup penting dalam pengembangan Badai Daniel. Kekuatannya dapat meningkat karena suhu permukaan laut yang hangat.

Baca juga: Kronologi Banjir Bandang Libya dan Kenapa Korbannya Capai 5.200 Orang Tewas

Dampak perubahan iklim

Foto yang direkam Geostationary Operational Environmental Satellite GOES-13 di bagian atas memperlihatkan Badai Danielle menuju Atlantik utara. Sedangkan di bawah terlihat Badai Eral memukul Kepulauan Leeward pada 30 Agustus.NASA / NOAA GOES Project Foto yang direkam Geostationary Operational Environmental Satellite GOES-13 di bagian atas memperlihatkan Badai Danielle menuju Atlantik utara. Sedangkan di bawah terlihat Badai Eral memukul Kepulauan Leeward pada 30 Agustus.

Suhu laut di seluruh dunia rata-rata menjadi lebih hangat karena perubahan iklim dan pemanasan global.

Laut Mediterania pun juga menghangat. Kondisi ini menyebabkan siklon bergerak lebih lambat, sebagaimana dilansir Euronews.

Profesor Raghu Murtugudde dari Indian Institute of Technology mengatakan, melambatnya siklon membuat uap air yang terbawa semakin banyak dan menyebabkan hujan jadi semakin lebat.

Terlebih lagi, kata Murtugudde, aktivitas manusia dan perubahan iklim menghasilkan dampak gabungan yang semakin parah.

Baca juga: Mengenal Badai Daniel, Penyebab Banjir Bandang di Libya yang Tewaskan 2.500 Orang

Di Yunani, banjir bandang juga terjadi dan semakin parah karena kebakaran hutan, hilangnya vegetasi, dan tanah yang semakin gembur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com