Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2023, 08:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Setiap aktivitas manusia menghasilkan produk buangan berupa sampah. Sampah yang dihasilkan bisa berupa sampah organik atau nonorganik.

Sampah menjadi salah satu permasalahan besar dan merupakan salah satu pencemar lingkungan bila tidak dikelola dengan baik.

Di Indonesia, menurut data yang dikumpulkan di 137 Kabupaten atau kota pada 2023 dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), timbulan sampah mencapai 14,187 ton setiap tahunnya.

Baca juga: Semangat Sehat Mahija Hadirkan Layanan Kesehatan bagi Pekerja Informal Sampah Daur Ulang

Dari jumlah tersebut, 68,2 persen atau 9,651 juta ton sampah terkelola. Sedangkan 31,98 persen atau 4,537 juta ton sampah tidak terkelola.

Salah satu pemanfaatan sampah yang cukup efektif adalah mengubahnya menjadi sumber energi.

Selain mengatasi permasalahan sampah, teknik ini dapat menghasilkan energi untuk berbagai kebutuhan manusa seperti listrik dan industri.

Dilansir dari publikasi berjudul "Technical, Economic, and Environmental Review of Waste to Energy Technologies from Municipal Solid Waste", ada empat metode mengubah sampah menjadi energi.

Publikasi ilmiah ini terbit dalam Jurnal Ilmu Lingkungan Volume 21 Issue 3 yang dirilis pada 2023.

Baca juga: Djarum Paparkan Inisiatif Pengolahan Sampah Organik di COP28

Konversi fisik

Metode konversi fisik adalah proses pengolahan sampah secara fisik untuk dijadikan bahan bakar padat sebagai sumber energi.

Proses dalam metode konversi fisik mengubah sampah menjadi bahan bakar padat meliputi penyaringan, penyortiran, pemisahan, pencacahan, dan pengeringan.

Beberapa sampah yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar dalam metode ini contohnya adalah plastik yang tidak dapat didaur ulang, kertas, karton, dan bahan mudah terbakar lainnya.

Produk dari metode ini dimanfaatkan untuk pabrik semen, pabrik kapur, dan pembangkit listrik sebagai pengganti atau pencampur bahan bakar konvensional seperti batu bara.

Baca juga: Pemuda Penyelamat Biota Laut dari Sampah itu Bernama Radith

Konversi biokimia

Metode konversi biokimia adalah metode di mana sampah organik diproses secara mikrobiologis dalam ruang tertutup untuk menghasilkan biogas.

Komponen utama biogas adalah metana. Metode konversi biokimia biasanya memanfaatkan proses anaerobik dari penimbunan sampah.

Proses ini dilakukan untuk mengolah sampah yang memiliki kandungan air tinggi seperti sampah organik dan limbah pertanian.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com