Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Unilever dalam Keadilan Gender dan Disabilitas, Raih Lestari Awards 2024

Kompas.com - 01/09/2024, 10:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Tbk meraih penghargaan KG Media Lestari Awards 2024 untuk Kategori Diversity, Equity & Inclusion. 

Penghargaan ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang fast moving consumer goods (FMCG) tersebut secara konsisten menerapkan keberagaman, keadilan, dan inklusi di semua operasionalnya. 

Pada ajang penganugerahan yang digelar pada Rabu (21/8/2024) di Jakarta, Head of Communication Unilever, Kristy Nelwan, mengatakan pihaknya merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan tersebut. 

Baca juga: Cerita Para Disabilitas Berwirausaha, dari Desain sampai FnB

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa mendapatkan penghargaan ini. Hal ini sekaligus menjadi bukti komitmen kami dalam upaya mempraktekkan keberagaman, keadilan, dan inklusi," ujar Kristy. 

Kristy sekaligus sebagai Chair of Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) Board Unilever Indonesia, juga mengatakan bahwa komitmen ini ditujukan bagi internal perusahaan, maupun masyarakat Indonesia secara luas. 

"Kami berfokus pada upaya untuk menciptakan keadilan gender, kesetaraan untuk penyandang disabilitas, dan penghapusan diskriminasi dan stigma," imbuhnya. 

Komitmen Unilever dalam EDI

Salah satu fasilitas berupa Day Care bagi karyawan PT Unilever Indonesia. Dok. Unilever Indonesia Salah satu fasilitas berupa Day Care bagi karyawan PT Unilever Indonesia.

Kristy menjelaskan, pihaknya memiliki tiga fokus Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) untuk mewujudkan Indonesia yang lebih adil, beragam, dan inklusif. 

"Kami terus menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan menghormati keragaman. Ini ada dalam komitmen ED&I Unilever Indonesia yang kami terapkan sendiri di lingkungan kerja, serta melalui kampanye dan program perusahaan ataupun brand-brand kami," terangnya. 

Baca juga: Unilever Catatkan Laba Bersih Rp 2,5 Triliun Per Semester I-2024

Tiga fokus komitmen ED&I Unilever Indonesia adalah:

  • Keadilan Gender: Unilever Indonesia memberikan kesempatan yang sama, perlakuan adil, dan dukungan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan unik perempuan maupun laki-laki.
  • Keadilan untuk Penyandang Disabilitas: Unilever Indonesia menciptakan lingkungan kerja yang ramah disabilitas, dan membuka peluang yang adil bagi penyandang disabilitas untuk membuktikan kemampuan mereka
  • Penghapusan Diskriminasi dan Stigma: Unilever Indonesia memberikan kesempatan yang adil dan lingkungan yang aman bagi semua orang, tanpa diskriminasi dan stigma.

"Kami ingin menghapus stigma itu, bahwa penyandang disabilitas tidak dapat bekerja, tidak punya keterampilan, atau hanya bisa bekerja di bidang tertentu," tuturnya. 

Bukti komitmen Unilever

Salah satu fasilitas berupa kelas bahasa isyarat bagi karyawan PT Unilever Indonesia. Dok. Unilever Indonesia Salah satu fasilitas berupa kelas bahasa isyarat bagi karyawan PT Unilever Indonesia.

Tiga fokus komitmen tersebut, kata Kristy, ditunjukkan melalui berbagai macam hal, baik internal maupun eksternal perusahaan.

Mulai dari memastikan fasilitas kantor yang ramah bagi penyandang disabilitas. 

"Kami melakukan peningkatan akses bagi penyandang disabilitas di 90 persen fasilitas kantor pusat kami," ujarnya. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau