Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2023, 14:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.comAsia Tenggara mempunyai potensi yang melimpah dalam menghadapi perubahan iklim melalui carbon offset.

Carbon offset atau tebus karbon adalah kompensasi emisi karbon yang dikeluarkan dari perusahaan. Dalam skema ini, perusahaan menyuntikkan proyek lingkungan untuk menyeimbangkan jejak karbonnya di tempat lain.

Potensi carbon offset di Asia Tenggara mencapai 30 persen secara global pada 2030 meski luas wilayah daratannya kurang dari 1 persen dari total luas daratan dunia.

Baca juga: Jakarta Bisa Tiru Stockholm Bangun Kota Berkelanjutan

Penghitungan tersebut mengemuka dalam sebuah laporan terbaru berjudul Climate Technology in Southeast Asia: Key to Unlocking the World’s Carbon Sink yang dibuat oleh Fairatmos dan Boston Consulting Group (BCG).

Climate Technology in Southeast Asia: Key to Unlocking the World’s Carbon Sink diluncurkan dalam Indonesia Future of Climate Summit 2023 di the Dharmawangsa Hotel Jakarta, Kamis (10/8/2023).

CEO Fairatmos Natalia Rialucky mengatakan, Asia Tenggara mempunyai potensi yang melimpah dalam menghadapi perubahan iklim melalui solusi berbasis alam.

“Fairatmos bangga bekerja sama dengan BCG untuk menghadirkan laporan transformatif ini,” papar Natalia dalam keterangan tertulis.

“Sebagai perusahaan teknologi iklim pionir di Asia Tenggara, kami tergerak oleh visi bersama dalam membangun masa depan yang berkelanjutan dan berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam solusi-solusi yang memberikan manfaat lingkungan dan sosial yang nyata,” sambung Natalia.

Baca juga: Resep Sukses Stockholm, Kota Paling Hijau dan Berkelanjutan di Dunia

Managing Director dan Senior Partner BCG Yulius Yulius menuturkan, keberhasilan perlawanan perubahan iklim tidak mungkin tercapai tanpa adanya kolaborasi dari semua pihak.

“Yang kita perlukan dengan mendesak sekarang adalah tindakan kolektif dari para penyedia teknologi, pemimpin industri, pihak keuangan, pemerintah, dan regulator,” ucap Yulius.

Dia menambahkan, setiap penundaan aksi perlawanan perubahan iklim akan menimbulkan konsekuensi yang besar bagi manusia dan generasi mendatang.

Laporan tersebut menyebutkan, Asia Tenggara memiliki potensi besar namun belum termanfaatkan dalam mengurangi dampak perubahan iklim melalui adopsi solusi berbasis alam atau nature-based Solutions (NbS).

Baca juga: 10 Kota Paling Berkelanjutan di Dunia, Tak Ada Jakarta

NbS adalah pendekatan untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan, sosial, dan ekonomi, dengan menggunakan prinsip-prinsip alam dan ekosistem.

Solusi-solusi ini mencakup beragam inisiatif termasuk reboisasi, penanaman hutan, restorasi lahan basah, dan pertanian berkelanjutan. Berbagai inisiatif tersebut berkontribusi pada penyimpanan karbon dan konservasi biodiversitas.

Laporan tersebut menyebutkan, Asia Tenggara akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi global.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com