Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa Gelar Aksi Cegah Stunting di Pasar Rebo Jakarta

Kompas.com - 30/10/2023, 19:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) menggelar kegiatan Cegah Stunting di Graha Cerdas Mandiri, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 27 Oktober 2023 sebagai bentuk kontribusi pencegahan meningkatnya prevalensi stunting di Indonesia.

Sebelumnya, Lembaga Amil Zakat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ YBKB) telah mengadakan survei dan kunjungan ke Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dan menemukan setidaknya tercatat 12 kasus stunting di wilayah ini.

Data yang ditemukan saat kunjungan ini belum termasuk anak-anak dengan gizi buruk yang terancam berada dalam kondisi stunting jika tidak diadakan langkah penanggulangan gizi buruk.

Kegiatan kunjungan dihadiri Direktur Utama LAZ YBKB Heris Bimo Cahyoadi, Camat Pasar Rebo Mujiono, dan Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah.

"Kami percaya setiap anak berhak mendapatkan akses nutrisi yang baik, terlebih anak-anak yatim dhuafa. Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa membantu mencegah dan mengatasi stunting, serta mendukung masa depan mereka yang lebih cerah," ujar Direktur Utama LAZ YBKB, Heris Bimo Cahyoadi.

Dalam kesempatan sama, Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah menyampaikan, "kami sangat menghargai inisiatif dan bantuan yang diberikan oleh LAZ YBKB. Pendidikan mengenai gizi dan nutrisi sangat penting bagi masyarakat kami."

"Dengan kerjasama ini, kami optimistis angka stunting di kelurahan Gedong akan menurun," tambah Nunung Siti Cholimah.

Salah satu penyebab stunting adalah disebabkan tingkat ekonomi keluarga yang kurang mampu dalam penyediaan kebutuhan makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang. Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai kebutuhan gizi anak pun menjadi sebab utama lain.

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa melalui LAZ YBKB berupaya memiliki peran aktif melalui berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan. Pada kegiatan Cegah Stunting ini, LAZ YBKB berupaya membantu 12 anak terindikasi stunting dan 14 warga Kelurahan Gedong yang memiliki anak dengan status gizi buruk.

Baca juga: Anak Stunting Perlu Diobati untuk Perkembangan Otak

 

Selain itu, LAZ YBKB turut memberikan bantuan nasi boks bergizi, paket sembako bergizi, dan bantuan dana kesehatan.

"Mencegah dan menanggulangi kasus stunting memang membutuhkan penanganan secara menyeluruh dari berbagai stakeholder," tutup Heris Bimo Cahyoadi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com