Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pj Bupati Pimpin Belitung, Ditugaskan Atasi Kemiskinan Ekstrem

Kompas.com - 02/01/2024, 06:00 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Mantan ketua umum badan pengelola Geopark Belitong Yuspian resmi dilantik sebagai pejabat (Pj) bupati Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (31/12/2023).

Yuspian menggantikan Bupati Sahani Saleh dan Wakil Bupati Isyak Meirobie yang habis masa jabatannya.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal yang memimpin pelantikan di Tanjung Pandan mengatakan, pj bupati yang baru memiliki tugas berat untuk melanjutkan berbagai program prioritas pembangunan.

Baca juga: Penyebab dan Dampak Kemiskinan

Dalam waktu bersamaan, ada tahapan pemilu yang mengharuskan aparatur sipil negara untuk selalu bersikap netral.

"Pak Bupati yang baru saja dilantik, tugas bapak sungguhlah berat. Fungsi pemerintah banyak. Jadilah semangat melayani bukan dilayani. Prinsipnya adalah cepat, tidak beban, ikhlas," kata Safrizal.

Safrizal mengingatkan, pemerintah dihadirkan dalam rangka mengatasi masalah, bukan pembuat masalah. Maka pj bupati diminta untuk merangkul semua pihak yang merupakan unsur-unsur masyarakat.

Ada tiga program jangka pendek yang harus diselesaikan yakni inflasi, kemiskinan ekstrem dan stunting.

"Saya ditugaskan sebagai penjabat Gubernur Babel, tugas saya inflasi. Belitung beberapa kali menempati posisi tertinggi di Indonesia," ujar Safrizal.

Ada pun Yuspian optimistis bisa menjaga program pembangunan di Belitung. Ia bakal memaksimalkan masa tugas satu tahun, hingga terpilihnya kepala daerah melalui pilkada nanti.

"Kami akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk melayani masyarakat dan merealisasikan program pembangunan yang telah disusun," ujar Yuspian yang sebelumnya pernah menjabat kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com