Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Google Play x Unity Dorong "Developers" Indonesia Perluas Jaringan Internasional

Kompas.com - 07/03/2024, 17:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ekonomi digital Indonesia terus mengalami kemajuan pesat, didorong oleh 212 juta pengguna internet dan pasar digital yang siap mencapai GMV (Gross Merchandise Value) sebesar USD 130 miliar pada tahun 2025.

Pertumbuhan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) poin ke delapan yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan dan kesempatan kerja penuh dan produktif, serta pekerjaan layak bagi semua.

Dalam ekosistem yang dinamis ini, Google Play memfasilitasi developers Indonesia dalam menghasilkan pendapatan besar, melampaui Rp 1,5 triliun pada tahun 2022, baik di dalam negeri maupun internasional.

Google berkomitmen mengambil peran sebagai katalisator pertumbuhan, membina talenta lokal dan mendorong mereka menuju kesuksesan di pasar aplikasi. Inisiatif App Developers Training Google Play x Unity menjadi bentuk komitmen Google memberdayakan para pengembang.

Program Play x Unity dirancang untuk melayani individu dengan berbagai tingkat keterampilan. Program ini mendorong pertumbuhan pribadi dan menumbuhkan lingkungan kolaboratif di antara para peserta.

Kisah Risky Firmansyah mencerminkan kekuatan transformatif dari program ini. Perjalanannya dari novice coder hingga app developers yang mahir menunjukkan bagaimana pembelajaran mandiri, ketahanan, dan akses ke sumber daya Google yang tak ternilai dapat mengubah hidup seseorang.

Didorong oleh rasa haus akan pengetahuan, Risky memulai perjalanan pengembangan dirinya dengan memanfaatkan program pelatihan komprehensif Google Play.

"Pencarian saya yang tiada henti untuk mempelajari dan memahami seluk-beluk pemrograman membuka jalan bagi pertumbuhan saya," kata Risky. "Dukungan dan komitmen Google memungkinkan saya, bersama dengan banyak pengembang lokal lainnya, untuk berkembang dalam lanskap digital."

Berkat bimbingan dan wawasan industri yang diperoleh melalui program Play x Unity, Risky mendirikan studio developer game bernama "Casual Traffic". Permainan pertamanya, "Casual Traffic", merangkum jalanan Jakarta yang ramai dan kemacetan lalu lintas yang terkenal.

Baca juga: Vonage dan Telkomsel Berkolaborasi Hadirkan Jaringan API yang Mudah Diakses oleh Developer dan Enterprise di Indonesia

Risky menekankan dampak besar dari Program Play x Unity yang dinilai membantunya mengembangkan skillset dan memperluas jaringan profesional.

Berbekal pengetahuan baru dan komunitas yang mendukung, Risky bercita-cita untuk membawa pengembang Indonesia ke kancah internasional. Ia ingin memposisikan industri gim Indonesia sebagai kekuatan tangguh di arena ekspresi artistik global.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com