Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK Gerak Cepat Turunkan Bantuan Alat Berat Atas Bencana Pariaman

Kompas.com - 10/03/2024, 10:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bersama anak perusahaannya Hutama Karya Infrastruktur (HKI) melalui HK Peduli Sumatra Barat bergerak cepat memberikan bantuan berupa alat berat atasi musibah bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

Curah hujan yang deras pada Kamis (7/3/2024) sore hingga Jumat (8/3/2024) pagi, menyebabkan beberapa sungai yang melewati wilayah Kabupaten Padang Pariaman meluap dan memicu terjadinya longsor di beberapa lokasi.

Baca juga: SIG Bersama Semen Gresik Bantu Sembako dan Kebutuhan Korban Banjir

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bantuan tersebut direalisasikan melalui koordinasi bersama Bupati Padang Pariaman dan telah dikirimkan langsung ke lokasi bencana pada Jumat (8/3/2024).

Alat berat tersebut mencakup dua unit excavator, dua unit dump truck, dua unit water tak, 3 unit hiab crane, dan satu unit tower light.

“Alat-alat tersebut digunakan untuk membersihkan material longsor di Jalan Pariaman-Malalak, Kecamatan Lima Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, yang merupakan jalan alternatif Padang-Bukittinggi,” ujar Tjahjo dalam siaran pers, Minggu (10/3/2024).

Selain alat berat, Hutama Karya dan HKI juga mengirimkan relawan untuk membantu proses evakuasi korban serta menormalisasi jalan yang tertutup puing-puing longsor.

“Menurunkan tim relawan dilakukan agar bantuan dapat tiba lebih cepat karena lokasi bencana tersebut berjarak 9 kilometer dari wilayah operasional perusahaan yakni proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Lubuk Alung-Padang,” tutup Tjahjo.

Atas kerja sama yang baik dari berbagai pihak, kondisi terkini jalan Pariaman-Malalak pada Sabtu (9/3/2024) pukul 00.38 WIB sudah bisa dilalui dan berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan sebagai jalur evakuasi serta penyaluran logistik.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com