Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2024, 11:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia bertemu dengan perwakilan pemerintah Jerman untuk membahas potensi kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) antara kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menemui perwakilan dari Kementerian Federal Urusan Ekonomi dan Perlindungan Iklim (Bundesministerium fur Wirtschaft und Klimaschutz/BMWK) Jerman.

Angela mengatakan, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Di antaranya terkait publikasi dan promosi pariwisata, investasi di bidang pariwisata, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata.

Baca juga: Indonesia dan Investor India Jajaki Kerja Sama Pariwisata Hijau

"Kemenparekraf RI menaungi enam politeknik pariwisata dan di Poltekpar Bali ada kurikulum bahasa Jerman,” kata Angela dalam pernyataan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Oleh karena itu, ia menyebut pihaknya ingin menjalin kerja sama dalam pertukaran pelajar dan pengajar dengan institusi pendidikan yang ada di Jerman.

“Sehingga, ke depan kami bisa menghadirkan kurikulum bahasa Jerman di lima politeknik pariwisata lainnya yang ada di bawah koordinasi Kemenparekraf," imbuhnya.

Adapun hal tersebut menjadi pembahasan saat Wamenparekraf Angela bertemu dengan Koordinator Federal Ekonomi Maritim dan Pariwisata BMWK, Dieter Gerald Janecak di sela-sela pameran ITB Berlin, Rabu (6/3/2024).

Kerja sama ekonomi kreatif

Selain penguatan kolaborasi pengembangan SDM, pertemuan itu juga membahas penguatan kerja sama di sektor ekonomi kreatif.

Sebagai informasi, pada 2018, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga telah menjalin kerja sama dengan German Accelerator Southeast Asia yang dikelola oleh Start2 Group dan dibiayai oleh BMWK.

"Kerja sama ini diharapkan dapat semakin kuat dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia dan Jerman," tuturnya.

Tak hanya itu, Wamenparekraf Angela menyebutkan potensi kerja sama ekonomi hijau antara Indonesia dan Jerman, yang juga dibahas dalam pertemuan ini.

“Saya melihat hal ini harus dibahas secara mendalam karena ini adalah kesempatan bagi Indonesia dan Jerman untuk bekerja sama mengembangkan potensi ekonomi hijau sebagai upaya menekan laju perubahan iklim," pungkas Angela.

Baca juga:

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com