Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, Inovator di 10 Negara ASEAN dan Timor Leste untuk Proyek Blue Economy

Kompas.com - 14/05/2024, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek ASEAN Blue Economy Innovation (Inovasi Ekonomi Biru ASEAN) resmi diluncurkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Kao Kim Hourn bersama Kepala Perwakilan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia Satvinder Singh di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Lewat proyek ini, ASEAN yang didukung Pemerintah Jepang dan UNDP mengajak para inovator di 10 negara ASEAN dan Timor Leste dalam mendorong kemajuan sektor biru, yang mencakup ekosistem laut dan air tawar.

Nantinya, 60 inovator terpilih akan menerima dukungan finansial, masing-masing hingga 40.000 dollar AS.

Untuk diketahui, proyek ini mencakup tiga kegiatan utama yakni, ASEAN Blue Innovation Challenge, Inkubasi, serta Business Matchmaking atau Temu Usaha.

Baca juga: Mengintip Indahnya Blue House, Bekas Kantor Presiden Korea Selatan

Kao menyebutkan, kehadiran proyek ASEAN Blue Economy Innovation sangat strategis karena bertepatan dengan persiapan kawasan ini untuk mengimplementasikan Kerangka Kerja Ekonomi Biru ASEAN.

“Tak hanya bertujuan memperbaiki hasil ekonomi dari sektor kelautan, tapi juga meningkatkan resiliensi masyarakat pesisir dalam menghadapi perubahan iklim dan degradasi lingkungan,” kata Kao.

Menurut Kao, inisiatif ini menjadi perwujudan komitmen ASEAN dalam memanfaatkan ekonomi biru untuk pembangunan regional, keberlanjutan lingkungan, dan inklusi sosial-ekonomi.

Adapun ASEAN berada di garis depan potensi maritim dunia.

ASEAN juga memiliki beragam sumber daya kelautan dengan estimasi nilai pasar hingga 2,5 triliun dollar AS per tahun atau lima persen dari ekonomi global.

Seiring besarnya potensi ekonomi biru ASEAN, ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh negara-negara ASEAN.

Contohnya, isu seperti penangkapan ikan berlebih, degradasi habitat, dan polusi laut menjadi ancaman yang signifikan bagi ekosistem laut dan air tawar di kawasan ini.

Hal ini dinilai sebagai kebutuhan mendesak untuk upaya kolaborasi untuk mengatasinya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com